Kompas TV internasional kompas dunia

Kekayaan Keluarga Kerajaaan Arab Saudi Capai Rp 21.525 T

Kompas.tv - 12 Maret 2021, 22:35 WIB
kekayaan-keluarga-kerajaaan-arab-saudi-capai-rp-21-525-t
Penguasa Kerajaan Arab Saudi, Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud. (Sumber: AP)
Penulis : Dina Karina

JAKARTA, KOMPAS.TV- Keluarga Kerajaan Arab Saudi menjadi keluarga kerajaan terkaya di dunia versi The Richest.

Kekayaan keluarga yang dipimpin oleh Raja Arab Salman bin Abdul Aziz itu  memiliki kekayaan mencapai US$ 1,5 triliun atau setara Rp 21.525 triliun (kurs Rp14.350 per dolar AS).

Sedangkan nilai kekayaann kerajaan Inggris saja hanya sekitar US$ 88 miliar atau setara Rp1.262,8 triliun.

Baca Juga: Aurel dan Atta Halilintar Mau Sewa Kamar Raja Salman untuk Malam Pertama, Rp150 Juta per Malam

Keluarga kerajaan Arab Saudi ini memiliki anggota sekitar 15.000 orang, tetapi kekayaan kerajaan sebagian besar dipegang oleh  2.000 anggota saja yang memiliki sebagian besar kekayaan kerajaan.

Sumber utama kekayaan keluarga kerajaan Saudi berasal dari perusahaan minyak Saudi Aramco. Perusahaan milik kerajaan itu memiliki cadangan minyak terbesar kedua di dunia dan merupakan penghasil harian minyak terbesar di dunia.

Raja Salman bin Abdul Aziz Al-Saud adalah orang dengan aset terbesar di Saudi, disusul putra mahkota putra Mohammad bin Salman, dan keponakannya Pangeran Alwaleed bin Talal.

Baca Juga: Biden Telpon Raja Salman Untuk Pertama Kalinya, Bahas Perdamaian di Yaman

Dikutip dari CNBC International, kekayaan Raja Salman sekitar US$ 17 miliar atau setara dengan Rp 246 triliun. Salman yang naik takhta sejak kematian saudara tirinya, Raja Abdullah pada 23 Januari 2015 ini memiliki setidaknya 4 istana megah dan mewah.

Yaitu Istana Murabba yang memiliki 32 kamar dan 7 halaman; Istana Al Yamama yang memiliki sekitar 400 kamar; Istana Riyadh yang merupakan markas kerajaan ; dan Istana Erga, yang terkenal dengan lantai mozaiknya yang menakjubkan dan ukiran unik di langit-langitnya yang tinggi dan dindingnya yang besar.

Sedangkan Mohammad bin Salman (MBS) memiliki istana di Prancis seharga US$ 300 juta atau Rp 4,3 triliun dengan 10 kamar dan luas 50 ribu meter persegi.

Baca Juga: Pemerintah Tunggu Keputusan Arab Saudi Soal Ibadah Haji

Ia juga memiliki lukisan Salvator Mundi karya Leonardo da Vinci, yang merupakan lukisan termahal di dunia. Nilai lukisan itu adalah US$ 450 juta atau Rp 6,45 triliun. MBS juga memiliki superyacht Serene senilai US$ 500 juta atau Rp 7,17 triliun dan lainnya.

Sementara keponakan Raja Salman yang juga menjadi pewaris tahta, Pangeran Alwaleed bin Talal memiliki real estate dan hotel mewah.

Seperti The Four Seasons, Monte Carlo Grand Hotel Monaco, sebuah hotel mewah di Seychelles, dan Savoy Hotel di London. Begitu juga Kingdom Resort dan jet pribadi Boeing 747-400 dan mobil berhiaskan berlian.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x