Kompas TV nasional update corona

Kemenkes Pastikan Tidak Ada Kasus Covid-19 dari Mutasi B117 di DKI Jakarta

Jumat, 12 Maret 2021 | 18:03 WIB
kemenkes-pastikan-tidak-ada-kasus-covid-19-dari-mutasi-b117-di-dki-jakarta
Siti Nadia Tarmizi adalah juru bicara vaksinasi nasional Covid-19, yang juga merupakan Direktur Pencegahan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kemenkes. Siti Nadia Tarmizi bertugas memberikan informasi mengenai kebijakan program vaksinasi dan perizinan vaksin Covid-19. Pemerintah menyatakan penderita Covid-19 tanpa gejala, atau OTG, tetap akan mendapatkan vaksinasi, demikian dinyatakan Siti Nadia Tarmizi kepada Kompas.com 17 Januari 2021 (Sumber: Direktorat Jenderal P2P Kementerian Kesehatan)


JAKARTA, KOMPAS.TV- Kementerian Kesehatan mengatakan berdasarkan pelacakan ada 6 kasus Covid-19 dari mutasi B117 di Indonesia. Dari 6 kasus Covid-19 dari mutasi B117 yang ditemukan, Kemenkes memastikan tidak ada di DKI Jakarta.

Hal tersebut ditegaskan Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi di Jakarta, Jumat (12/3/2021).

“Enam kasus yang sudah dilaporkan, 2 kasus di Karawang, 1 kasus di Sumut, 1 kasus di Sumsel, 1 kasus Kaltim, dan yang terakhir 1 kasus Kalsel,” kata Nadia.

Baca Juga: Penelitian Covid-19 di Inggris: Virus Corona Varian Inggris B.1.1.7 Lebih Mematikan 30%-100%

“Kasus yang di Jakarta belum menemukan variasi mutasi. Adalah laboratorium yang melakukan pemeriksaan dan asal sampel. Enam kasus (Covid-19 dari mutasi B117  -red) tidak ada dari DKI,” tambahnya.

Nadia memastikan hingga kini pihaknya terus mengoptimalisasi monitoring virus Covid-19.

“Kita melakukan surveillance monitor mutasi, ada 3 mutasi yang direkomendasikan WHO untuk jadi perhatian utama, B117 (Inggris). Lalu ada dua lainnya yang juga kita lakukan monitoringnya dari Afrika dan Brazil. Ketiga ini yang merupakan sering dilakukan pengamatan,” ujarnya.

Baca Juga: Jokowi Ingatkan Pengembangan dan Pembuatan Vaksin Harus Ikuti Prosedur dan Kaidah Ilmiah

Nadia menambahkan dalam perkembangannya Covid-19 dari mutasi B117 dilaporan terjadi di 70 negara. Kemudian B1351 varian dari Afrika dilaporkan terjadi di lebih dari 20 negara. Sementara varian P1 dari Brazil, sudah terdeteksi lebih dari di 30 negara.

“Tentu cara-cara yang harus kita lakukan adalah memperkuat surveillance, pertama surveillance di pintu-pintu masuk, baik udara dan laut. Kita tahu juga banyak kapal-kapal dari luar negeri yang masuk dan dilakukan monitoring,” tegasnya.

Penulis : Ninuk Cucu Suwanti

Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
12:17
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19