Kompas TV regional berita daerah

Ini Tanggapan Wali Kota Solo Gibran Soal Seruan Jokowi Benci Produk Asing: Dukung Produk Lokal Saja

Kompas.tv - 12 Maret 2021, 15:50 WIB
ini-tanggapan-wali-kota-solo-gibran-soal-seruan-jokowi-benci-produk-asing-dukung-produk-lokal-saja
Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka bersama Menteri Tenaga Kerja Idha Fauziyah melihat produk UMKM, Rabu (10/3/2021). (Sumber: TribunSolo.com / Adi Surya Samodra)
Penulis : Gading Persada

SOLO, KOMPAS.TV- Seruan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk membenci produk asing ditanggapi beragam komentar dari sejumlah kalangan.

Sang putra, Gibran Rakabuming Raka pun turut menanggapi seruan ayahandanya itu. 

Gibran yang belum genap sebulan menjadi Walikota Solo itu menanggapinya dengan mengatakan, produk-produk lokal tidak kalah saing dengan produk-produk asing, termasuk bikinan alumni BLK (Balai Latihan Kerja) Kota Surakarta.

Bahkan, sebut dia, ada alumni yang membikin konsep usaha barista jamu.

Baca Juga: Presiden Jokowi Gaungkan Benci Produk Asing, Pengamat: Heroik, Tapi Berbahaya

"Produk-produk lokal bagus. Tadi lihat alumni BLK ada yang bisa menggabungkan jamu dan kopi," kata Gibran, Rabu (10/3/2021).

Menurut Gibran, produk-produk lokal sudah cukup baik. Hanya perlu intervensi pemerintah untuk beberapa aspek.

"Perlu intervensi pemerintah. Soal masalah branding, masalah packaging. Pendampingan UMKM supaya produk kita bersaing dengan produk luar,"  ujar pria yang juga pengusaha katering tersebut sebagaimana dikutip dari TribunSolo

Selain itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Solo, lanjut dia, juga akan mendorong semakin banyaknya pertumbuhan co-working space.

Baca Juga: PDIP Dukung Seruang Presiden Benci Produk Asing - ROSI

"Nanti perbanyak lagi, ruang -ruang seperti inovation room, co-working space, inkubasi, accelerator, dan public space untuk anak-anak muda," ucap Gibran.

Ya, seruan pemerintah menyerukan agar masyarakat mencintai produk Indonesia dan membenci produk asing memang sempat mengundang pro dan kontra. 

Seruan itu disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam pembukaan Rapat Kerja Nasional Hipmi, Jumat (5/3/2021) pekan lalu. 

Baca Juga: Wacana Impor Beras Usai Presiden Jokowi Serukan Benci Produk Asing, Ini Alasannya



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.