Kompas TV video cerita indonesia

Ramai Soal Vaksin Nusantara, Jokowi Tegaskan Hal Berikut

Kompas.tv - 12 Maret 2021, 16:38 WIB
Penulis : Abdur Rahim

JAKARTA, KOMPAS.TV – Presiden Joko Widodo angkat bicara terkait dengan isu vaksin nusantara yang saat ini tengah menjadi polemik di kalangan pemerintah.

Di dalam sebuah video yang ditayangkan melalui akun Youtube Sekretariat Presiden pada Jumat (12/3), Jokowi menegaskan akan terus mendukung pengembangan vaksin nusantara dan vaksin merah putih buatan industri farmasi tanah air.

“Saat ini vaksin yang tengah dikembangkan di tanah air adalah vaksin merah putih dan vaksin nusantara yang harus terus kita dukung”, ungkap Jokowi dalam video tersebut (12/3).

Baca Juga: Presiden Jokowi: Vaksin Merah Putih dan Vaksin Nusantara Harus Kita Dukung

Meski demikian Jokowi menekankan, proses pembuatan vaksin dalam negeri harus sesuai dengan kajian ilmiah dan sesuai prosedur, sehingga aman untuk digunakan masyarakat,.

“Tapi, untuk menghasilkan produk obat dan vaksin yang aman, berkahasiat, bermutu, mereka juga harus mengikuti kaidah-kaidah scientific, keilmuan dan uji klinis harus dilakukan sesuai prosedur, yang berlaku, terbuka, transparan, serta melibatkan banyak ahli”, pungkasnya.

Saat ini, Indonesia tengah membutuhkan banyak vaksin untuk menanggulangi pandemi Covid-19 di tanah air.

Jika semua persyaratan sudah dipenuhi, pemerintah mendorong untuk mempercepat produksi vaksin tersebut demi memenuhi kebutuhan vaksinasi dalam negeri.

Sebelumnya, vaksin nusantara tengah menjadi polemik di kalangan pemerintah. 

BPOM menilai, pengembangan vaksin nusantara tersebut belum memenuhi kaidah medis. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x