Kompas TV nasional politik

Ketika Jhoni Allen Marbun dan AHY Mengingat Kejayaan Partai Demokrat 2009 Silam

Kompas.tv - 12 Maret 2021, 05:05 WIB
ketika-jhoni-allen-marbun-dan-ahy-mengingat-kejayaan-partai-demokrat-2009-silam
Marzuki Alie (kiri) dan Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). (Sumber: TRIBUNNEWS Herudin / Ilham Rian Pratama)
Penulis : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Kader Partai Demokrat yang berada di kubu Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) ataupun kubu Moeldoko, ternyata sama-sama menyimpan kenangan manis kejayaan partai ini pada 2009 silam. 

Hasil pemilu legislatif 2009 menempatkan partai yang kala itu dipimpin Hadi Utomo pada urutan pertama dengan perolehan suara 20,85 persen. Partai Demokrat berhak menempatkan wakilnya di Senayan sebanyak 148 orang.     

Sekretaris Jenderal Partai Demokrat kubu Moeldoko, Jhoni Allen Marbun, menyebutkan suara itu direbut oleh seluruh kader dari Sabang sampai Merauke. "Kita punya 148 kursi, itu kerjaan kader dari Sabang hingga Merauke, yang pasti (dengan 148 kursi) kita mendapat jatah Ketua DPR," kata Jhoni dalam keterangan pers di Jakarta, Kamis (11/3/2021).

Baca Juga: Jhoni Allen Sebut Isi Mukadimah AD/ART Partai Demokrat Berubah: AHY Harus Bertanggung Jawab

Karena tampil sebagai pemenanga pemilu di urutan pertama, maka Partai Demokrat berhak menampatkan kadernya Marzuki Alie sebagai Ketua DPR. "Kita (Demokrat) dapat jatah Ketua DPR, soal siapa Ketua DPR-nya itu soal lain," tambah Jhoni. 


Jabatan yang diperoleh oleh Marzuki, menurut Jhoni bukan karena pemberian Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). "Pak Marzuki jadi Ketua DPR karena kita (Demokrat) punya 148 kursi," katanya.

Sementara AHY juga memiliki kenangan yang sama, meski saat itu dia belum menjadi kader. Agus masih bertugas di TNI sebagai perwira militer yang baru lulus.  "Bayangkan nikmatnya, bahagianya kita dan bangganya kita kalau berhasil merebut kemenangan di parlemen seperti di 2009 yang lalu," ujar AHY di arena Kongres V Partai Demokrat, di JCC Senayan, Jakarta, Minggu (14/3/2020). 

Baca Juga: Jhoni Allen Sebut Isi Mukadimah AD/ART Partai Demokrat Berubah: AHY Harus Bertanggung Jawab

Adapun target kemenangan di Pileg 2024 merupakan satu dari 10 program AHY dalam memimpin Partai Demokrat masa bakti 2020-2025. AHY mengatakan, Partai Demokrat bersyukur kendati hanya meraup suara 10.876.507 atau 7,77 persen pada Pemilu 2019.
 
Seperti diketahui, meroketnya suara Partai Demokrat pada pemilu 2009 membuat partai ini seperti bintang terang. Pada periode ini, SBY pun terpilih untuk periode kedua  bersama wakilnya Boediono, dengan perolehan suara 60,80 persen. Naiknya suara Partai Demokrat kala itu tak lepas dari peran SBY saat menjadi presiden.  

Namun kenangan manis masa kejayaan itu kini mulai meredup. Kedua kubu saling berebut posisi di kancah perpolitikan nasional.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.