Kompas TV nasional berkas kompas

11 Maret 1966: Sejarah Supersemar, Surat Sakti yang Mampu Buat Soeharto Gulingkan Soekarno

Kamis, 11 Maret 2021 | 16:21 WIB
11-maret-1966-sejarah-supersemar-surat-sakti-yang-mampu-buat-soeharto-gulingkan-soekarno
Melalui Supersemar, Soeharto mampu menjadi pemimpin di Indonesia. (Sumber: Soeharto.co / Tribunnews)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Supersemar (Surat Perintah Sebelas Maret) menjadi saksi ketika pada 11 September 1966, Soeharto mampu menggulingkan Soekarno dari kursi Presiden Republik Indonesia.

Dilansir dari Intisari, pada tahun tersebut memang kepemimpinan Soekarno sudah semakin lemah.

Tragedi G30S PKI yang terjadi dan kemudian dibubarkannya partai berideologi komunis tersebut membuat Soekarno harus melaksanakan rapat tiga hari untuk mengembalikan kekuasaannya.

Rapat pertama yang dilakukan pada 10 Maret 1966 dengan melibatkan para pemimpin partai politik berhasil membujuk mereka untuk menandatangani peringatan melawan rongrongan otoritas presiden akibat demonstrasi mahasiswa.

Rapat kedua yang dijadwalkan ke esokkan harinya pada 11 Maret 1966 urung terjadi karena ada rumor beredar Soekarno sudah dikepung oleh tentara yang tidak dikenal.

Soekarno yang saat itu berada di istana, segera meninggalkan istana dan pergi menuju Bogor. Pada malam itulah Soekarno disebut menandatangani Surat Perintah Sebelas Maret atau yang biasa dikenal Supersemar.

Supersemar tersebut berisi pernyataan yang berbunyi pemindahan kekuasaan untuk mengembalikan tatanan kepada Mayjen Soeharto.

Penulis : Rizky L Pratama





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
12:26
KEMENTAN: NILAI TUKAR PETANI STABIL TINGGI DAN INDIKATOR KESEJAHTERAAN PETANI MEMBAIK SEPANJANG 2021   BPS: HARGA GABAH KERING PANEN (GKP) BULAN MEI MENINGKAT 2,87 PERSEN DIBANDING APRIL MENJADI RP. 4.398 PER KILOGRAM   BPS SEBUT KENAIKAN NILAI TUKAR PETANI (NTP) MEI 103,9 DIPICU SUBSEKTOR TANAMAN PANGAN, PERKEBUNAN, DAN PETERNAKAN   BADAN PUSAT STATISTIK (BPS): NILAI TUKAR PETANI (NTP) BULAN MEI NAIK 0,44 PERSEN MENJADI 103,39   TIMNAS PERANCIS BERHASIL TUMBANGKAN WALES 3-0 DALAM LAGA UJI COBA EURO 2020   TIMNAS JERMAN HANYA MAMPU BERMAIN SERI 1-1 MELAWAN DENMARK SAAT LAKONI LAGA UJI COBA EURO 2020   TIMNAS BELANDA DITAHAN IMBANG SKOTLANDIA DENGAN SKOR 2-2 DI LAGA UJI COBA EURO 2020   KETUA KONI: KEBERHASILAN PON XX 2021 ADALAH HARGA DIRI PAPUA DAN INDONESIA   GUBERNUR DKI ANIES BASWEDAN JANJI AKAN BANGUN LEBIH BANYAK JALUR SEPEDA DI JAKARTA   PERINGATI HARI SEPEDA SEDUNIA, GUBERNUR DKI ANIES BASWEDAN GUNAKAN SEPEDA SAAT BERANGKAT KE KANTOR   KPI MINTA LEMBAGA PENYIARAN TIDAK PROMOSIKAN KONTEN PERNIKAHAN DINI   KEMENTERIAN PPPA: TAYANGAN HARUS HORMATI SERTA JUNJUNG TINGGI HAK DAN PERTIMBANGKAN MASA DEPAN ANAK-ANAK   KEMENTERIAN PPPA MINTA KPI SEGERA EVALUASI TAYANGAN SINETRON YANG PROMOSIKAN KONTEN PERNIKAHAN DINI   MENPAREKRAF SANDIAGA UNO HARAP PENYELENGGARAAN WORLD SUPERBIKE 2021 DORONG PEMULIHAN EKONOMI DAN PARIWISATA