Kompas TV nasional peristiwa

KPK Sebut Tujuh Buronan, Termasuk Harun Masiku

Kompas.tv - 10 Maret 2021, 20:43 WIB
kpk-sebut-tujuh-buronan-termasuk-harun-masiku
Ketua KPK Firli Bahuri dalam konferensi Kinerja KPK Semester I 2020, Selasa (18/8/2020). (Sumber: Dokumentasi/Biro Humas KPK)
Penulis : Iman Firdaus


JAKARTA, KOMPAS.TV- Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri mengatakan saat ini ada tujuh buronan KPK. Mereka adalah Harun Masiku, Kirana Kotama, Sjamsul Nursalim, Itjih Nursalim, Izil Azhar, Suryadi Darmadi, dan Samin Tan. 


Dari ketujuh orang yang masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) itu, diketahui tiga orang berada di luar negeri. Mereka bahkan  memiliki status tinggal tetap atau permanent residency.


"Dari tujuh, itu kami pastikan kalau tiga orang itu ada di luar Pak, karena memiliki permanent residence di luar," kata Firli dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi III DPR, Rabu (10/3/2021).

Baca Juga: Dewas KPK Minta Presiden Jokowi Segera Putuskan Pengganti Artidjo Alkostar

Namun, Firli tak mengungkap ketiga nama buron yang disebut berada di luar negeri. Sementara empat orang lainnya, belum diketahui lokasi dan keberadaanya. 


Terkait kabar yang menyebutkan ada DPO yang meninggal, seperti Harun Masiku, Firli enggan berspekulasi.  "Belum ada kabar berita ada seseorang para DPO itu yang dikuburkan karena meninggal dunia, dan belum juga kita menemukan nisan di mana dia dimakamkan," katanya.


Keberadaan politikus PDIP Harun Masiku, juga belum terendus sama sekali. "Kasus Harun Masiku yang masih sampai hari ini terus kami coba buru belum ketemu juga," ujar Wakil Ketua KPK Nawawi Pomolango.

Baca Juga: KPK Geledah 4 Lokasi Terkait Korupsi Lahan Proyek Rumah DP 0

Namun, kata Nawawi, KPK tidak akan diam. Dia memastikan perburuan terus dilakukan, karena menjadi perhatian publik.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x