Kompas TV nasional sosial

Hari Musik Nasional, Fadli Zon Luncurkan Sampul Peringatan Prangko Prisma Dewa 19

Kompas.tv - 10 Maret 2021, 11:45 WIB
hari-musik-nasional-fadli-zon-luncurkan-sampul-peringatan-prangko-prisma-dewa-19
Hari Musik Nasional yang jatuh setiap 9 Maret melatarbelakangi Fadli Zon sebagai ketua umum Perkumpulan Filatelis Indonesia (PFI) meluncurkan Sampul Peringatan Berprangko Prisma yang menampilkan Dewa 19 (Sumber: istimewa)
Penulis : Switzy Sabandar

JAKARTA, KOMPAS.TV- Hari Musik Nasional yang jatuh setiap 9 Maret melatarbelakangi Fadli Zon sebagai ketua umum Perkumpulan Filatelis Indonesia (PFI) meluncurkan Sampul Peringatan Berprangko Prisma yang menampilkan Dewa 19 dengan personel yaitu: Yuke Sampurna, Ari Lasso, Ahmad Dhani, Agung Yudha Asmara, dan Andra Ramadhan. Acara peluncuran dihadiri oleh perwakilan pengurus PFI, dan personel band Dewa 19 di kediaman musisi Ahmad Dhani di Pondok Indah.

Penetapan Hari Musik Nasional dimulai pada 2013 atas usulan Persatuan Artis Penyanyi, Pencipta dan Rekaman Musik Indonesia (PAPPRI). Tanggal tersebut dipilih untuk menghormati Wage Rudolf Supratman, pahlawan nasional pencipta lagu kebangsaan Indonesia Raya, yang lahir pada tanggal 9 Maret 1903.

Menurut Fadli Zon, karya-karya Dewa 19 mutakhir mewarnai blantika musik Indonesia. Sepanjang perjalanan kariernya, Dewa 19 telah menerima banyak penghargaan, baik BASF Awards maupun AMI Awards.  Pada tahun 2008, Dewa 19 masuk ke dalam daftar "The Immortals: 25 Artis Indonesia Terbesar Sepanjang Masa" oleh majalah Rolling Stone. Dewa diakui sebagai salah satu legenda atau ikon terbesar dalam sejarah musik populer Indonesia.

Baca Juga: Prangko Seri Jokowi-Maruf Amin Diluncurkan, Begini Penampakannya

“Dengan terbitnya sampul prangko yang dicetak 1.000 lembar ini menjadi tanda apresiasi kepada Dewa 19 yang terus berkarya untuk bangsa dan mewarnai kesenian Indonesia sebagaimana diketahui musik adalah bagian yang tidak terpisahkan dari hidup kita,” ujar Fadli Zon, dalam siaran persnya, Rabu (10/3/2021).

Ia menuturkan musik adalah ekspresi budaya universal dan multidimensional yang merepresentasikan nilai-nilai luhur kemanusiaan serta memiliki peran strategis dalam pembangunan bangsa.  Oleh karena itu, perlu usaha-usaha meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap musik Indonesia, termasuk seperti menerbitkan Sampul Peringatan Berprangko Prisma yang menampilkan Dewa 19.

Fadli Zon berharap terbitnya Sampul Peringatan Berprangko Prisma Dewa 19 menjadi jawaban untuk menciptakan prangko-prangko yang lebih kreatif. Terlebih saat ini tidak banyak generasi muda yang mengenal prangko.

Baca Juga: Sejarah di Selembar Prangko - SINGKAP



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x