Kompas TV nasional berita utama

Bantah Pesan Hoaks di WhatsApp, BUMN: Target Vaksinasi di Senayan Bukan Masyarakat Umum

Kompas.tv - 10 Maret 2021, 11:35 WIB
bantah-pesan-hoaks-di-whatsapp-bumn-target-vaksinasi-di-senayan-bukan-masyarakat-umum
Ilustrasi berhati-hatilah dalam menyebarkan informasi atau berita, apalagi jika hoaks, bisa-bisa ditangkap polisi (Sumber: Tribunnews)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti

JAKARTA, KOMPAS.TV- Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) membantah kegiatan vaksinasi di Istora Senayan diperuntukkan bagi masyarakat umum. Kementerian BUMN menegaskan, vaksinasi yang digelar di Istora Senayan diprioritaskan hanya bagi lanjut usia (lansia) dan pegawai publik.

“Sentra vaksinasi BUMN dan Kementerian BUMN itu adalah untuk pegawai publik dan lansia yang terdata di DKI jakarta. Jadi bukan masyarakat umum. Jadi ini Hoaks tersebar dan perlu kami luruskan, agar jangan sampai mebuat vaksinasi kita jadi berantakan,” tegas Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga dalam pernyataannya kepada Kompas.TV pada Rabu (10/3/2021).

Baca Juga: Presiden Jokowi Dampingi Petruk Disuntik Saat Vaksinasi Seniman dan Budayawan di Yogyakarta

Sebelumnya, Senin (8/3/2021) Kementerian BUMN, Kementerian Kesehatan, Pemda DKI, dan Indonesia Healthcare Corporation melakukan kolaborasi untuk meluncurkan Sentra Vaksinasi Covid-19 di Istora Senayan. Kegiatan ini dilakukan untuk mendorong percepatan program vaksinasi nasional demi mencapai target penyuntikan 1 juta vaksin per bulan.

Namun ada beberapa pihak yang menyebarkan informasi tidak benar (hoaks) mengenai mekanisme vaksinasi di Sentra Vaksinasi Covid-19 di Istora Senayan ini. Beredar, vaksinasi di Istora ini bisa dilakukan untuk masyarakat luas atau tidak hanya bagi lansia.

Baca Juga: Presiden Jokowi Tinjau Vaksinasi Massal Seniman di Yogyakarta

“Hoaks ini adalah langkah yang tidak baik yang dilakukan pihak tertentu terhadap upaya yang dilakukan pemerintah untuk secepatnya melakukan vaksinasi dan mengutamakan pelayanan publik dan lansia untuk saat ini,” tegas Arya.

Sebagai informasi, Sentra Vaksinasi Covid-19 di Istora Senayan mentargetkan tidak kurang dari 5 ribu pendaftar divaksinasi setiap harinya. Program ini akan dilakukan secara berturut-turut selama sekitar 4 bulan.

Data peserta sendiri akan diperoleh melalui pendaftaran dan pendataan berbasis teknologi dari Kementerian BUMN dan Kementerian Kesehatan. Sentra Vaksinasi Covid-19 juga direncanakan hadir di kota-kota lain yang membutuhkan percepatan vaksinasi.

Baca Juga: Rusia Akan Memproduksi Vaksin Sputnik V di Italia



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.