Kompas TV nasional berita utama

Presiden Jokowi Dampingi Petruk Disuntik Saat Vaksinasi Seniman dan Budayawan di Yogyakarta

Kompas.tv - 10 Maret 2021, 11:03 WIB
presiden-jokowi-dampingi-petruk-disuntik-saat-vaksinasi-seniman-dan-budayawan-di-yogyakarta
Presiden Joko Widodo dampingin Petruk Disuntik Vaksin (Sumber: Tangkapan Layar Youtube Setpres)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV- Presiden Joko Widodo mengatakan, 517 Seniman dan Budayawan di Yogyakarta menjalani vaksinasi Covid-19, Rabu (10/3/2021). Vaksinasi berlangsung di Padepokan Seni Bagong Kussudiarja (PSBK) dihadiri Presiden Joko Widodo.

“Alhamdulillah semuanya berjalan lancar, kita tahu ini keadaan yang tidak mudah, keadaan yang tidak gampang bagi pekerja seni, tetapi kita harus terus merawat semangat agar beliau-beliau yang bekerja di bidang seni ini terus memiliki semangat untuk berkarya meskipun dalam masa pandemi dan adanya pembatasan-pembatasan yang ada karyanya tidak berhenti,” kata Presiden Jokowi seusai mendampingi Petruk divaksinasi Covid-19.

Baca Juga: Presiden Jokowi Tinjau Vaksinasi Massal Seniman di Yogyakarta

Sebelumnya, saat tiba di Dusun Kembaran, Desa Tamantirto, Kabupaten Bantul, Yogyakarta, Presiden Jokowi dan rombongan disambut tarian Petruk divaksin. Sejumlah penari petruk divaksin, membawa Presiden Jokowi dan Rombongan, ditemani Butet Kartaredjasa menuju tempat dilaksanakannya vaksinasi. Presiden Jokowi sempat berinteraksi dengan seniman dan budayawan yang akan menjalani vaksinasi.

Sepanjang Presiden Jokowi meninjau vaksinasi budayawan dan seniman, lagu-lagu nusantara dinyanyikan secara langsung di area vaksinasi.

Budayawan Butet Kartaredjasa mengatakan vaksinasi Covid-19 yang diberikan kepada seniman dan budayawan merupakan hal penting dan bersejarah. Dalam sejarah Indonesia, kata Butet, setelah Bung Soekarno, pemimpin yang memberi ruang perhatian dan menyapa serius kepada seniman dan budayawan adalah Presiden Jokowi.

Baca Juga: BPOM: Vaksin AstraZeneca Aman, Efek Sampingnya Sedang dan Ringan

“Ini sangat menyenangkan membanggakan karena memang kita punya komitmen untuk menyelamatkan kehidupan bersama dengan merelakan diri disuntik vaksin. Kita melaksanakan tertib protokol kesehatan,” kata Butet.

“Saya mewakili rekan-rekan seniman, berterimakasih atas lahirnya peristiwa pada pagi hari ini, sungguh membanggakan,” lanjutnya.

Tak hanya itu, Butet dalam kesempatan tersebut juga menunjukkan sebuah lagu yang diciptakan oleh seniman bernama Yudhi. Kemudian, lagu berjudul vaksin untuk negeri dinyanyikan dua orang langsung dihadapan Presiden Jokowi.

Baca Juga: Penjelasan BPOM Soal Uji Klinis dan Izin Penggunaan Darurat Vaksin Covid-19 AstraZeneca

Selain itu, Butet juga memberikan sajian tarian petruk divaksin karya Anter kepada Presiden Jokowi. Butet mengatakan, tarian ini sengaja dipertontonkan kepada Presiden Jokowi yang sering diceritakan masyarakat seperti tokoh petruk.

“Karena tamu kita ini sering dicondro sebagai petruk, nah ini petruknya divaksin, karena petruk yang sesungguhnya, yang metafora di Indonesia sudah divaksin, ini petruk wayangnya nanti divaksin di sini” kata Butet.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.