Kompas TV regional berita daerah

Bhabinkamtibmas di Pontianak Tenggara Bangun Sekat Kanal untuk Antisipasi Karhutla

Kompas.tv - 10 Maret 2021, 11:03 WIB
Penulis : KompasTV Pontianak

PONTIANAK, KOMPAS.TV - Kecamatan Pontianak Tenggara, menjadi salah satu wilayah yang kerap terjadi kebakaran lahan saat musim kemarau. Seperti yang sempat terjadi, beberapa waktu lalu. Dikarenakan kemarau, kekurangan air menjadi salah satu kendala yang sering terjadi, saat memadamkan kebakaran lahan.

Mendapat laporan warga yang kerap kekurangan air sebagai antisipasi karhutla, Bripka Hariyanto, seorang Bhabinkamtibmas berinisiatif membangun sekat kanal.

Menyisihkan dana pribadinya, Bripka Hariyanto dibantu warga, berhasil membangun sekat untuk membendung aliran air sementara, sebagai cadangan air untuk memadamkan api.

Langkah yang dilakukan Bripka Hariyanto ini diapresiasi oleh Kapolresta Pontianak, dengan melakukan peninjauan langsung ke lokasi. Inisiatif ini juga diharapkan menjadi contoh bagi wilayah lain yang kerap terjadi karhutla.

Langkah ini juga mendapat apresiasi warga yang turut bergotong-royong membangun sekat kanal ini. Dari hasil pembangunan, sekat kanal berhasil membendung aliran air parit dan bisa digunakan oleh warga.

Simak informasi lain dari Kota Pontianak dan Kalimantan Barat di kanal YouTube KompasTV Pontianak.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x