Kompas TV internasional kompas dunia

Rusia Akan Memproduksi Vaksin Sputnik V di Italia

Kompas.tv - 9 Maret 2021, 23:55 WIB
rusia-akan-memproduksi-vaksin-sputnik-v-di-italia
Vaksin Sputnik V COVID-19 buatan Rusia saat tiba di Bandara Internasional Imam Khomeini Teheran, Kamis, 4 Februari 2021. Iran pada Kamis (4/2) menerima gelombang pertama vaksin Covid-19 buatan luar negeri. saat negara itu berjuang membendung wabah terparah pandemi di Timur Tengah. (Sumber: Saeed Kaari/IKAC via AP)
Penulis : Vyara Lestari

MILAN, KOMPAS.TV – Rusia telah menandatangani kontrak untuk memproduksi 10 juta dosis vaksin Covid-19 Sputnik V di Italia tahun ini.

Kontrak ini diumumkan pada Selasa (9/3) oleh Kamar Dagang Italia – Rusia. Kontrak ditandatangani oleh Adienne Srl, anak perusahaan Italia dari perusahaan farmasi yang berbasis di Swiss, dan pendanaannya menggunakan Dana Investasi Langsung Rusia (RDIF).

Baca Juga: Regulator Obat-Obatan Uni Eropa Mulai Kaji Vaksin Sputnik V Rusia

Associated Press melansir, kamar dagang Italia – Rusia menyatakan bahwa pihak berwenang Rusia tengah menggarap kolaborasi serupa di seluruh Eropa. Vaksin Sputnik V sendiri telah terdaftar di 45 negara di seluruh dunia.

Baca Juga: Israel Akhirnya Izinkan Vaksin Covid-19 Sputnik V Bantuan Vladimir Putin Masuk Jalur Gaza Palestina

RDIF yang mendanai dan memasarkan vaksin Sputnik V ke luar negeri menyatakan, produksi vaksin Sputnik V akan menjangkau sejumlah negara, termasuk India, Korea Selatan, Brasil, China, Turki, Iran, juga Belarusia dan Kazakhstan.

Baca Juga: Iran dan Rusia Sepakat Produksi Bersama Vaksin Sputnik V di Iran

Beberapa pabrikan luar negeri telah memproduksi batch percobaan vaksin Rusia tersebut, namun terdapat sedikit indikasi bahwa sejauh ini, mereka telah memproduksi vaksin Sputnik V dalam jumlah besar.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x