Kompas TV regional berita daerah

Hamparan Tanaman Obat Dipekarangan Rumah

Selasa, 9 Maret 2021 | 21:24 WIB

Penulis : KompasTV Palembang

PALEMBANG, KOMPAS.TV - Obat Herbal masih menjadi pilihan warga dengan memanfaatkan tanaman obat keluarga atau Toga. Di Palembang, seorang warga menanam tanaman obat di halaman rumahnya seperti Apotek Hidup dengan ratusan jenis.

Saat pengobatan modern yang praktis dan mudah, obat herbal masih menjadi pilihan sebagian warga dengan memanfaatkan Tanaman Obat Keluarga atau Toga.

Hal itu yang dilakukan Hendi, warga Kelurahan Sungai Selincah, Kecamatan Kalidoni, Kota Palembang, yang memanfaatkan halaman rumah untuk membudidayakan tanaman obat.

Hendi, tertarik dengan tanaman obat sejak 2007 lalu. Namun, kebun toga di rumahnya baru mulai sejak setahun terakhir, saat pandemi virus corona baru merebak.

Ada 130 jenis tanaman obat yang tumbuh dengan baik di iklim tropis. Tanaman itu ia peroleh dari sesama kolektor, atau membeli ke pelosok daerah maupun secara daring.

Tak memerlukan perlakuan khusus, tanaman obat cukup diberi pupuk organik untuk menambah hara mineral yang dibutuhkan.

Untuk kepentingan sendiri, Hendi juga sukarela memberikan tanaman obat koleksinya pada warga sekitar yang membutuhkan.

Membuat apotek hidup dengan tanaman obat, bisa jadi hobi bermanfaat. Selain keindahan karena suasana rumah menjadi Asri, tanaman obat bisa menjadi alternatif kebutuhan dapur dan pengobatan sederhana di rumah, tanpa harus bergantung pada bahan-bahan kimia.

#Toga #Herbal #TanamanObat


Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x