Kompas TV regional berita daerah

Warga Ambil Paksa Jenazah Pasien Covid-19 dan Melakukan Kekerasan Fisik ke Petugas RS

Selasa, 9 Maret 2021 | 18:42 WIB

PROBOLINGGO, KOMPAS.TV - Pengambilan paksa jenazah pasien covid-19 kembali terjadi di Kabupaten Probolinggo Jawa Timur. Aksi itu dilakukan oleh puluhan orang dengan mengendarai truk. Mereka juga melakukan kekerasan fisik dan verbal kepada petugas rumah sakit.

Dari video amatir yang direkam warga, terlihat puluhan orang datang ke rumah sakit dengan mengendarai truk. Mereka kemudian mengambil paksa jenazah pasien dengan mengabaikan protokol kesehatan.

Baca Juga: Keluarga Ambil Paksa Jenazah Pasien Covid-19 dan Merusak Fasilitas Rumah Sakit

Aksi itu dilakukan oleh warga Desa Lemah Kembar, Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo di Rumah Sakit Umum Wonolangan Dringu Kabupaten Probolinggo pada Jumat siang (05/03). Warga juga memaki petugas medis dan mendorong petugas keamanan rumah sakit.

Direktur RSU Wonolangan, Mariani Indahri mengatakan bahwa jenazah pasien yang diambil paksa berinisial H-R. Ia masuk rumah sakit Wonolangan pada Kamis malam (04/03) dengan gejala radang paru-paru, hipertensi dan sesak nafas. Pasien probable covid-19 itu meninggal dunia sebelum hasil tes swab keluar pada Jumat siang.

Baca Juga: Ini Resiko dan Bahaya Mengambil Paksa Jenazah Covid-19

Koordinator Gakum Satgas Covid19 Kabupaten Probolinggo, Ugas Irwanto mengatakan bahwa tim satgas covid-19 Kabupaten Probolinggo akan melakukan tracing terhadap warga yang ikut mengambil paksa dan memprosesnya secara hukum.

Aksi jemput paksa jenazah pasien sudah berkali-kali terjadi di Kabupaten Probolinggo, bahkan dengan diiringi perusakan fasilitas rumah sakit.

 

#JenazahPasienCovid-19 #AmbilPaksa #JemputPaksa #RumahSakit

Penulis : KompasTV Jember





BERITA LAINNYA


Musik

Sheila On 7 – Dan

Minggu, 2 Mei 2021 | 18:04 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
18:41
UKRAINA TEKEN KONTRAK 10 JUTA DOSIS TAMBAHAN VAKSIN COVID-19 PFIZER    WALI KOTA SOLO GIBRAN RAKABUMING COPOT LURAH GAJAHAN YANG DIDUGA TERLIBAT PUNGLI ZAKAT BERSAMA LINMAS    MENDIKBUD RISTEK NADIEM MAKARIM AKAN TERUS PERBAIKI PENDIDIKAN DI INDONESIA MELALUI PROGRAM MERDEKA BELAJAR    FSGI DORONG KEMENDIKBUD BERSINERGI DENGAN PEMDA UNTUK MEMASTIKAN TERLAKSANANYA PROSES PEMBELAJARAN   PERINGATI HARDIKNAS, FSGI KRITIK SEJUMLAH KEBIJAKAN PEMERINTAH SOAL PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN DI MASA PANDEMI   KEMENTAN: DENGAN ADANYA KARTU TANI, PETANI YANG INGIN MENDAPATKAN PUPUK BERSUBSIDI AKAN DIPERMUDAH   KEMENTAN DISTRIBUSIKAN 175 KARTU TANI KEPADA PARA PETANI DI GOR DESA GEREBA, KABUPATEN CIAMIS, JAWA BARAT   DINAS PARIWISATA DAN KEBUDAYAAN JAWA BARAT: KAPASITAS PENGUNJUNG WISATA DI JABAR MAKSIMAL 50 PERSEN   BPTJ: TERMINAL BUS DI JABODETABEK TIDAK MELAYANI BUS AKAP DAN AKDP SELAMA MASA LARANGAN MUDIK   BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL HADIRKAN LAYANAN GERAI ZAKAT DI 11 MAL YANG TERSEBAR DI DKI JAKARTA   ANGGOTA KOMISI IV DPR I MADE URIP MINTA MABES POLRI BERANTAS PENAMBANGAN BATUBARA ILEGAL DI BERAU, KALTIM   MENKEU SRI MULYANI PASTIKAN PEMERINTAH BERTEKAD WUJUDKAN REFORMASI STRUKTURAL DI BIDANG PENDIDIKAN   LARANGAN MUDIK LEBARAN, PT KAI PALEMBANG TIDAK JUAL TIKET KERETA API JARAK JAUH MULAI 6-17 MEI 2021   DUKUNG LARANGAN MUDIK LEBARAN, JASA RAHARJA PEKALONGAN LUNCURKAN PROGRAM "MUDIK ONLINE AMAN DAN ENAK 2021"