Kompas TV regional peristiwa

Karhutla di Bengkalis Riau Meluas Capai 120 Hektar

Selasa, 9 Maret 2021 | 18:38 WIB

RIAU, KOMPAS.TV - Luas kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah Kabupaten Bengkalis, Riau, sejak Januari 2021, mencapai 120 hektar.

Kondisi kering dan angin kencang menjadi kendala bagi tim satgas dalam melakukan upaya pemadaman karhutla.

Dari pantauan udara, karhutla yang terjadi di Desa Palkun dan Kelemantan Barat, Kecamatan Bengkalis, Kabupaten Bengkalis, riau, cukup luas. Asap hasil karhutla membumbung tinggi kelangit.

Tim satgas karhutla yang terdiri dari TNI, Polri, BPBD Bengkalis, Manggala Agni, Tim Pemadam, Satpol PP dan masyarakat peduli api, melakukan upaya pemadaman melalui darat.

Di wilayah Desa Palkun, luas karhutla mencapai 20 hektar lebih. Lahan tersebut merupakan milik masyarakat yang tidak dikelola dengan baik.

Kondisi gambut, cuaca panas, dan tiupan angin yang kencang, menjadi kendala bagi tim satgas saat memadamkan karhutla.

Karhutla di wilah tersebut juga sudah menjalar ke kebun sagu dan sawit milik masyarakat.

Sejak awal Januari 2021, BPBD Bengkalis mencatat total ada 120 hektar lebih luas hutan dan lahan yang terbakar di Kabupaten Bengkalis, Riau.

Sejak awal Januari hingga Maret 2021, karhutla di Riau sudah mencapai 657 hektar yang terjadi di 10 dari 12 kabupaten dan kota di Riau.

Tim satgas karhutla Riau melakukan upaya pemadaman melalui darat dan udara.

Untuk pemadaman melalui udara, tim satgas dibantu dengan satu heli water bombing dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Penulis : Reny Mardika





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
12:33
DIRJEN KKP SLAMET SOEBJAKTO SEBUT IKAN KERAPU DARI NATUNA JADI FAVORIT EKSPOR SEKTOR KELAUTAN DAN PERIKANAN NASIONAL   TAMAN MARGASATWA RAGUNAN, JAKARTA SELATAN TUTUP DI HARI PERTAMA IDUL FITRI DAN AKAN DIBUKA KEMBALI JUMAT BESOK   PEMPROV DKI TERIMA 5.280 PERMOHONAN SIKM, 2.918 DI ANTARANYA DITOLAK   CEGAH COVID-19, PEJABAT DI PEMERINTAH KOTA YOGYAKARTA TIDAK GELAR “OPEN HOUSE” LEBARAN   GUBERNUR JATENG GANJAR PRANOWO: PERAYAAN IDUL FITRI-KENAIKAN ISA ALMASIH MERUPAKAN BERKAH BAGI INDONESIA   GUBERNUR DKI ANIES BASWEDAN AJAK WARGA UNTUK MENDOAKAN UMAT ISLAM DI PALESTINA   GUBERNUR DKI ANIES BASWEDAN TIDAK ADAKAN ACARA “OPEN HOUSE” SAAT LEBARAN   GUBERNUR DKI ANIES BASWEDAN SEBUT MEMILIH TIDAK MUDIK BUKAN HAL MUDAH SAAT PANDEMI   RAYAKAN LEBARAN DI RUMAH, MENDIKBUD RISTEK NADIEM MAKARIM INGATKAN MASYARAKAT UNTUK PEDULI TERHADAP SESAMA   KETUA SATGAS COVID-19 DONI MONARDO AJAK MASYARAKAT UNTUK TETAP PATUHI PROTOKOL KESEHATAN SAAT LEBARAN   KETUA MPR BAMBANG SOESATYO: IDUL FITRI MERUPAKAN MOMENTUM PERKUAT SOLIDARITAS-SOLIDITAS KEBANGSAAN   KEMENTERIAN ESDM JAMIN KETERSEDIAAN BAHAN BAKAR NASIONAL SELAMA LIBUR LEBARAN AMAN   WALI KOTA BEKASI: GOR PATRIOT CANDRABHAGA BEKASI AKAN DIALIHFUNGSIKAN SEBAGAI LOKASI KARANTINA BAGI PEMUDIK   DINAS PARIWISATA KARAWANG SEBUT HANYA WARGA DENGAN KTP KARAWANG YANG DIIZINKAN MASUK TEMPAT WISATA DI KARAWANG