Kompas TV nasional update corona

BPOM: Vaksin AstraZeneca Aman, Efek Sampingnya Sedang dan Ringan

Selasa, 9 Maret 2021 | 18:29 WIB
bpom-vaksin-astrazeneca-aman-efek-sampingnya-sedang-dan-ringan
Kepala Badan POM Dr. Penny Lukito umumkan BPOM memberi ijin penggunaan darurat vaksin CoronaVac buatan Sinovac pada 11 Januari 2021. (Sumber: Kompas TV Live)

JAKARTA, KOMPAS.TV – Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) memastikan vaksin AstraZeneca aman digunakan untuk usia 18 tahun hingga lansia.

Adapun efek samping dari vaksin AstraZeneca ringan hingga sedang. Hal itu diketahui dari hasil evaluasi keamanan yang dilakukan BPOM terhadap 23.745 subjek dengan pemberian dua dosis dalam interval 4-12 minggu.

Kepala BPOM Penny Lukito menjelaskan efek samping yang dilaporkan dalam studi klinis yang dilakukan oleh pihaknya umumnya sedang dan ringan.

Baca Juga: BPOM Pastikan Aman, Vaksin Covid-19 AstraZeneca Bisa Diberikan kepada Lansia

Menurut Penny ada dua reaksi yang ditimbulkan setelah vaksin disuntikkan. Pertama reaksi lokal pada lokasi penyuntikan, seperti nyeri, kemerahan, gatal hingga pembengkakan.

Kedua reaksi sistemik yang terjadi setelah vaksin AstraZeneca disuntikkan. Yakni penerima vaksi merasakan kelelahan, sakit kepala, nyeri otot, nyeri sendi, meriang, demam, muntah.

Terkait dengan kasiat dari vaksin AstraZeneca, Penny menjelaskan vaksin tersebut dapat merangsang pembentukan antibodi yang baik pada penerima vaksin dewasa maupun lansia.

Penulis : Johannes Mangihot





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
12:47
DIRJEN KKP SLAMET SOEBJAKTO SEBUT IKAN KERAPU DARI NATUNA JADI FAVORIT EKSPOR SEKTOR KELAUTAN DAN PERIKANAN NASIONAL   TAMAN MARGASATWA RAGUNAN, JAKARTA SELATAN TUTUP DI HARI PERTAMA IDUL FITRI DAN AKAN DIBUKA KEMBALI JUMAT BESOK   PEMPROV DKI TERIMA 5.280 PERMOHONAN SIKM, 2.918 DI ANTARANYA DITOLAK   CEGAH COVID-19, PEJABAT DI PEMERINTAH KOTA YOGYAKARTA TIDAK GELAR “OPEN HOUSE” LEBARAN   GUBERNUR JATENG GANJAR PRANOWO: PERAYAAN IDUL FITRI-KENAIKAN ISA ALMASIH MERUPAKAN BERKAH BAGI INDONESIA   GUBERNUR DKI ANIES BASWEDAN AJAK WARGA UNTUK MENDOAKAN UMAT ISLAM DI PALESTINA   GUBERNUR DKI ANIES BASWEDAN TIDAK ADAKAN ACARA “OPEN HOUSE” SAAT LEBARAN   GUBERNUR DKI ANIES BASWEDAN SEBUT MEMILIH TIDAK MUDIK BUKAN HAL MUDAH SAAT PANDEMI   RAYAKAN LEBARAN DI RUMAH, MENDIKBUD RISTEK NADIEM MAKARIM INGATKAN MASYARAKAT UNTUK PEDULI TERHADAP SESAMA   KETUA SATGAS COVID-19 DONI MONARDO AJAK MASYARAKAT UNTUK TETAP PATUHI PROTOKOL KESEHATAN SAAT LEBARAN   KETUA MPR BAMBANG SOESATYO: IDUL FITRI MERUPAKAN MOMENTUM PERKUAT SOLIDARITAS-SOLIDITAS KEBANGSAAN   KEMENTERIAN ESDM JAMIN KETERSEDIAAN BAHAN BAKAR NASIONAL SELAMA LIBUR LEBARAN AMAN   WALI KOTA BEKASI: GOR PATRIOT CANDRABHAGA BEKASI AKAN DIALIHFUNGSIKAN SEBAGAI LOKASI KARANTINA BAGI PEMUDIK   DINAS PARIWISATA KARAWANG SEBUT HANYA WARGA DENGAN KTP KARAWANG YANG DIIZINKAN MASUK TEMPAT WISATA DI KARAWANG