Kompas TV nasional update corona

BPOM Terbitkan Izin Penggunaan Darurat untuk Vaksin AstraZeneca Asal Inggris

Kompas.tv - 9 Maret 2021, 17:00 WIB

KOMPAS.TV - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) mengeluarkan izin Emergency Use Authorization atau penggunaan masa darurat untuk vaksin AstraZaneca. Kepala BPOM Penny Kusumastuti Lukito menyatakan, vaksin Astrazaneca aman untuk warga dewasa dan lansia.

Menurut BPOM, setelah melalui uji klinis, diketahui tidak ada efek samping yang membahayakan bagi subjek uji klinis dan meningkatkan antibodi, terhadap virus corona.

BPOM menyatakan telah mengevaluasi dan mengeluarkan izin penggunaan masa darurat, 22 Februari lalu.

Sebelumnya, sebanyak 1.113.600 dosis vaksin virus corona asal perusahaan Farmasi Inggris AstraZeneca tiba Indonesia pada Senin sore (08/03/2021).

Kedatangan vaksin kali ini tercatat sebagai penerimaan vaksin tahap keenam di Indonesia.

KOMPAS.TV - Vaksin AstraZeneca tiba di Bandara Soekarno-Hatta di Tangerang, Banten dibawa oleh pesawat KLM Royal Dutch Airlines.

Menurut Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, pengiriman vaksin kali ini melalui skema kerjasama multilateral aliansi global untuk vaksin dan imunisasi atau Gavi Covax Facility.

Fasilitas ini merupakan kerja sama pengembangan vaksin antara badan kesehatan dunia WHO dan Gavi.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.