Kompas TV internasional kompas dunia

Ikuti Prancis dan Jerman, Italia Setujui Penggunaan Vaksin AstraZeneca Untuk Lansia diatas 65 tahun

Kompas.tv - 9 Maret 2021, 15:38 WIB
ikuti-prancis-dan-jerman-italia-setujui-penggunaan-vaksin-astrazeneca-untuk-lansia-diatas-65-tahun
Perdana Menteri Inggris Boris Johnson tengah menyaksikan seorang warga Inggris menerima suntikan vaksin Oxford-AstraZeneca dalam kunjungan ke pusat vaksinasi di The Hive, London, Inggris pada 25 Januari 2021 lalu. Italia menaikkan batas usia untuk penggunaan vaksin Covid-19 produksi perusahaan farmasi  AstraZeneca dan Universitas Oxford pada Senin (08/03/2021), menyusul langkah serupa yang diambil oleh Prancis dan Jerman beberapa hari terakhir ini. Awal Februari lalu WHO mengatakan vaksin tersebut tampaknya aman bahkan untuk kelompok lanjut usia. Namun, negara-negara tidak segera mengikuti saran WHO(Sumber: Stefan Rousseau / Pool Photo via AP)
Penulis : Edwin Shri Bimo

ROMA, KOMPAS.TV - Italia menaikkan batas usia untuk penggunaan vaksin Covid-19 produksi perusahaan farmasi  AstraZeneca dan Universitas Oxford pada Senin (08/03/2021), menyusul langkah serupa yang diambil oleh Prancis dan Jerman beberapa hari terakhir ini, demikian dilansir Xinhua, Selasa (09/03/2021). Awal Februari lalu, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan vaksin tersebut tampaknya aman bahkan untuk kelompok lanjut usia. Namun, negara-negara tidak segera mengikuti saran WHO.

Saat pertama kali dirilis, penelitian menunjukkan bahwa vaksin AstraZeneca hanya direkomendasikan untuk kelompok usia di bawah 65 tahun.

Ini berbeda dengan vaksin Pfizer/BioNTech atau vaksin Moderna, dua vaksin yang penggunaannya telah disetujui di Italia dan negara-negara Uni Eropa.

Baca Juga: BPOM Pastikan Aman, Vaksin Covid-19 AstraZeneca Bisa Diberikan kepada Lansia

Meski demikian, karena masalah distribusi vaksin Pfizer/BioNTech dan Moderna, beberapa negara mulai mempertimbangkan kembali keputusan mereka, dengan otoritas kesehatan negara mulai menguji keamanan vaksin tersebut untuk kalangan lanjut usia.

Prancis dan Jerman pekan lalu memberikan lampu hijau untuk penggunaan vaksin AstraZeneca pada warga berusia 65 tahun ke atas, disusul Italia pada Senin.

Menurut laporan media, Badan Kesehatan Masyarakat Swedia merekomendasikan langkah yang sama meskipun penerapannya belum dilakukan.

Di luar Eropa, Kanada masih melarang penggunaan vaksin AstraZeneca pada warga berusia di atas 65 tahun.

Baca Juga: 1,1 Juta Dosis Vaksin AstraZeneca Tiba di Indonesia

Italia dan vaksin AstraZeneca pekan lalu menjadi sorotan media ketika negara itu memblokir pengiriman lebih dari 250.000 dosis vaksin tersebut ke Australia, menuding AstraZeneca gagal memenuhi kontrak distribusinya di Italia. Perusahaan tersebut mengatakan target distribusi 4.2 juta dosis di Italia tetap akan tercapai sebelum akhir bulan ini.

Saat ini, sekitar 261 kandidat vaksin, yang 79 di antaranya dalam tahap uji klinis, tengah dikembangkan di seluruh dunia termasuk di Jerman, Italia, China, Rusia, Inggris, dan Amerika Serikat, kata WHO pada Jumat (05/03/2021). 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.