Kompas TV regional berita daerah

Unik, Pepes Capung Khas Karangasem Disukai Pembeli

Kompas.tv - 9 Maret 2021, 13:43 WIB
Penulis : KompasTV Dewata

Karangasem, KOMPASTV - Kenalkah anda dengan serangga yang satu ini, ya, ini adalah capung, yang kerap ditemukan di danau, sawah atau tempat lain yang dekat dengan air.

 

Namun tahukah anda, bahwa capung ternyata bisa diolah menjadi makanan, dan bahkan menjadi salah satu hidangan yang populer di karangasem.

 

Seperti yang ada di desa jungutan kecamatan bebandem, capung diolah menjadi pepes dengan bumbu khas bali. Peroses pembuatnya pun cukup mudah , capung dibersihkan kemudian disiapkan bumbu bali seperti cabai , bawang merah , bawang putih , kencur , jahe , trasi , garam dan daun salam.

 

Selanjutnya semua bumbu dihaluskan, kemudian capung yang sudah dibersihkan, dicampur dengan bumbu dan dibalut dengan daun pisang, pepes capung siap dipanggang.

 

Salah satu penjual menyebut, bahwa ia sudah berjualan pepes capung 4 tahun lalu, dan rasanya yang nikmat, membuat 40 hingga 50 pepes capung terjual habis dalam sehari.

 

Untuk menabah cita rasa , pepes capung ini biasanya disajikan dengan belayag . Perpaduan belayag dan pepes capung ini menjadi idaman para pembeli.

 

Selain rasanya yang enak, harga pepes capung ini juga terjangkau, karena hanya dijual seharga 2 ribu rupiah saja untuk satu porsi saja, dan jika dikonsumsi dengan belayag ,satu porsinya dijual dengan harga 10 ribu rupiah.

#kulinerunik #kulinercapung #pepesdannimfacapung 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x