Kompas TV bisnis ukm

Beri Pelatihan Digital UMKM, Bukalapak Gandeng Microsoft

Kompas.tv - 9 Maret 2021, 07:00 WIB
beri-pelatihan-digital-umkm-bukalapak-gandeng-microsoft
Peserta pameran umkm menunggu pengunjung dalam pameran Indocraft 2020 di Jakarta Convention Center, Jakarta, Jumat (13/3/2020). (Sumber: Kompas/Totok Wijayanto)
Penulis : Dina Karina

JAKARTA, KOMPAS.TV-  Bukalapak bekerja sama dengan Microsoft untuk memberikan pelatihan digital kepada pelaku UMKM di Indonesia. Keduanya menilai melek digital bagi pengusaha UMKM sangat penting, agar usaha mereka bisa terus berkembang.

Menurut Presiden Direktur Microsoft Indonesia Haris Izmee, UMKM jmenjadi tulang punggung perekonomian RI, dengan berkontribusi 62% terhadap produk domestik bruto (PDB). Sehingga tumbuhnya bisnis UMKM otomatis mendorong perekonomian negara.

"Target kami memberikan lebih dari 24 juta orang Indonesia pelatihan gratis dan sertifikasi pada 2021," kata Haris dalam acara Belajar Digital Bareng Bukalapak, Senin (8/3/2021).

Baca Juga: Luhut Tunjuk Keponakan Jadi Pengurus PB PASI, CEO Bukalapak Juga Terlibat

Setengah dari target Microsoft itu, bisa terpenuhi lewat kerjasama dengan Bukalapak. Lantaran Bukalapak menargetkan bisa mendorong sebanyak 13,5 juta pedagang  masuk ke perdagangan online (e-commerce) pada tahun ini.

"Saat ini Bukalapak bermitra dengan 13,5 juta pelaku UMKM di mana 6,5 juta daring. Sementara 7 juta lainnya adalah mitra Bukalapak terdiri dari agen dan warung luring," kata CEO Bukalapak Rachmat Kaimuddin.

Rachmat menilai, di masa depan kemampuan di dunia digital itu akan sama pentingnya dengan kemampuan membaca, menulis, dan berhitung dalam kehidupan sehari-hari.

Baca Juga: Dampak Riset Tingkat Kesopanan Internet, Netizen Indonesia Serbu Kolom Komentar Microsoft

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, jumlah pelaku UMKM di Indonesia saat ini mencapai 64 juta. Namun dari dari jumlah tersebut, baru sekitar 16% atau sebanyak 10,25 juta yang sudah beralih ke dunia digital.

“Pada 2020 kami telah menyelenggarakan 147 kelas daring dengan program beragam atau sekitar 3 kali setiap minggu. Sebanyak 12.000 mitra telah berpartisipasi dan mengamini program ini mampu meningkatkan transaksi bisnis mitra kami,” tambah Rachmat.

Dalam pelaksanaannya, Microsoft akan menyediakan platform belajar digital yang digunakan oleh para pelapak dan mitra Bukalapak seluruh Indonesia. Serta menyediakan materi pelatihan melalui Microsoft Global Skilling.

Baca Juga: BLT UMKM Lanjut di Bulan Maret, Ini Cara Daftarnya

Materi pelatihan terdiri dari cara menggunakan komputer, cara berkomunikasi digital secara aman, cara berkolaborasi secara digital dan menciptakan konten, hingga pelatihan "softskill" seperti cara mengambil keputusan dan berpikir kritis.

Para pelapak dan mitra Bukalapak yang telah mengikuti program tersebut akan memperoleh sertifikat. 

Sebelumnya, Microsoft sempat menyuntikkan dana sebesar US$ 100 juta atau sekitar Rp1,4 triliun kepada Bukalapak.

Investasi ini merupakan pendanaan dari Microsoft, GIC Pte, dan Emtek Grup. Selain investasi, dalam kerja sama ini Bukalapak akan mengadopsi platform cloud Microsoft Azure.

Microsoft Azure akan mendukung layanan online Bukalapak yang diklaim digunakan lebih dari 12 juta pedagang dan 100 juta pengguna. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.