Kompas TV internasional kompas dunia

Demo Anti-Kudeta Memanas, Indonesia Minta Myanmar Hormati Niai Demokrasi

Senin, 8 Maret 2021 | 23:41 WIB

KOMPAS.TV - Unjuk rasa masih digelar setiap hari di seluruh wilayah Myanmar sejak kudeta militer pada 1 Februari lalu.

Di kota Mandalay, ratusan orang berunjuk rasa memenuhi jalan jalan utama.

Tuntutan mereka masih sama yakni meminta kudeta militer diakhiri.

Selain itu para demonstran yang terdiri dari mahasiswa, guru, dan serikat pekerja juga memprotes atas tewasnya para pengunjuk rasa yang hingga saat ini sudah berjumlah 54 orang.

Sebagai sesama anggota ASEAN, Indonesia meminta Myanmar menghormati nilai-nilai demokrasi.

Salah satu demonstran yang menjadi korban tewas dalam aksi unjuk rasa menolak kudeta militer Myanmar adalah seorang mahasiswi bernama Ma Kyal Shin.

Kyal Shin yang tewas pada 3 Maret lalu jadi sorotan dunia karena sosoknya yang dinilai pemberani dan tak gentar menuntut keadilan.

Bahkan dirinya ikut melindungi pengunjuk rasa lain ketika ada tembakan gas air mata.

Kematian Kyal Shin menimbulkan reaksi keras dunia karena dirinya diduga tewas akibat luka tembak di kepala. 

Utusan khusus PBB untuk Myanmar mengungkap dari hasil analisis video, polisi menggunakan peluru tajam saat menembaki pengunjuk rasa.

“Saya melihat klip video yang sangat menganggu. Polisi memukuli relawan medis yang tak bersenjata. Klip video lain memperlihatkan seorang demonstran ditarik dari polisi, lalu ia ditembak dari jarak sangat dekat. Mungkin hanya satu meter. Padahal korban tidak melawan saat ditangkap. Tampaknya ia meninggal di jalan,” kata Utusan Khusus PBB untuk Myanmar, Christine Schraner Burgener.

Penulis : Reny Mardika





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
04:57
PN JAKTIM AKAN MELANJUTKAN SIDANG KASUS KERUMUNAN DENGAN TERDAKWA RIZIEQ SHIHAB PADA SENIN, 17 MEI 2021   MARIA LUMOWA JUGA DITUNTUT 20 TAHUN PENJARA & DENDA RP 1 MILIAR SUBSIDER 6 BULAN KURUNGAN OLEH JPU,PADA KEJAGUNG   TERDAKWA KASUS PEMBOBOLAN BANK BNI MARIA PAULINE LUMOWA DITUNTUT MEMBAYAR UANG PENGGANTI RP 185,82 MILIAR   PEMPROV DKI JAKARTA SEBUT BANYAKNYA PENOLAKAN SIKM KARENA BANYAK SURAT DOKTER DAN DUKUMEN PERSYARATAN PALSU   DPMPTSP DKI JAKARTA: DARI 3.888 PERMOHONAN, SEBANYAK 2.094 PENGAJUAN SIKM DITOLAK   PEMPROV DKI JAKARTA MENERIMA 3.888 PERMOHONAN SURAT IZIN KELUAR MASUK (SIKM) PADA LIMA HARI SEJAK LARANGAN MUDIK   SAMPAIKAN DUKA CITA, MUI SEBUT USTAZ TENGKU ZULKARNAIN MERUPAKAN SOSOK PENDAKWAH YANG SANGAT GIGIH   USTAZ TENGKU ZULKARNAIN MENINGGAL DUNIA PADA 10 MEI 2021 SETALAH DIRAWAT DI RS TABRANI PEKANBARU KARENA COVID-19   PEMPROV PAPUA BUAT TIM KECIL UNTUK KOORDINASI DALAM PENYELENGGARAAN PEKAN OLAHRAGA NASIONAL (PON) XX 2021   GUBERNUR DKI JAKARTA ANIES BASWEDAN MINTA PENYALURAN ZAKAT FITRAH DILAKUKAN SECARA LANGSUNG KE TEMPAT PENERIMA   HARI KELIMA LARANGAN MUDIK, SEBANYAK 15.000 PENUMPANG BERANGKAT DARI BANDARA SOEKARNO-HATTA   LARANG WARGA MUDIK, WALI KOTA RAHMAT EFFENDI: BEKASI SUDAH BERHASIL, JANGAN SAMPAI ADA PENINGKATAN KASUS COVID-19   WALI KOTA BEKASI RAHMAT EFFENDI KLAIM 98 PERSEN WILAYAHNYA SUDAH MASUK ZONA HIJAU COVID-19   TOTAL WNI POSITIF COVID-19 DI LUAR NEGERI ADALAH 4.545: 3.588 SEMBUH, 190 MENINGGAL DUNIA, DAN 767 DALAM PERAWATAN