Kompas TV nasional aiman

Polisi Virtual Awasi Jagat Maya - AIMAN (BAG 5)

Senin, 8 Maret 2021 | 23:35 WIB

JAKARTA, KOMPASTV - Priiiiittttt!!! Hati-hati! Sempritan polisi tidak hanya akan dirasakan di ruang nyata, namun akan mulai menggedor pintu-pintu pemilik media sosial di ruang maya.

Terobosan ini dilakukan oleh Kapolri baru, Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Mencegah masyarakat terseret dalam kasus hukum terkait pelanggaran UU ITE, Virtual Police resmi dioperasikan.

Program ini akan fokus mengawasi konten-konten di media sosial yang berpotensi melanggar. Seperti ujaran kebencian yang berkaitan dengan isu SARA (Suku Agama Ras dan Antargolongan).

Meskipun program ini mendapatkan apresasi dari berbagai pihak, namun sejumlah catatan juga diberikan.

Mampukah program ini menempatkan asas keadilan kepada semua pihak, baik pendukung pemerintah, maupun yang berseberangan atau pengkritik pemerintah.

Aiman menanyakan langsung semua kegelisahan ini kepada Direktur Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri, Brigjen Slamet Uliandi. Sekaligus melihat langsung “dapur” Virtual Police secara ekslusif.

Selanjutnya Aiman juga menanyakan pandangan dari kriminolog Universitas Indonesia, Adrianus Meliala, serta Wasekjen PKS, Fathul Bari, terkait Virtual Police.

Bagaimana sistem kerja Polisi Virtual ini? Bisakah kemudian memberikan rasa keadilan kepada semua lapisan masyarakat? Dan apakah benar Virtual Police akan mengancam kebebasan berekspresi?

Aiman mengupasnya secara Ekslusif.      

Penulis : Krisna Aditomo





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
05:22
PN JAKTIM AKAN MELANJUTKAN SIDANG KASUS KERUMUNAN DENGAN TERDAKWA RIZIEQ SHIHAB PADA SENIN, 17 MEI 2021   MARIA LUMOWA JUGA DITUNTUT 20 TAHUN PENJARA & DENDA RP 1 MILIAR SUBSIDER 6 BULAN KURUNGAN OLEH JPU,PADA KEJAGUNG   TERDAKWA KASUS PEMBOBOLAN BANK BNI MARIA PAULINE LUMOWA DITUNTUT MEMBAYAR UANG PENGGANTI RP 185,82 MILIAR   PEMPROV DKI JAKARTA SEBUT BANYAKNYA PENOLAKAN SIKM KARENA BANYAK SURAT DOKTER DAN DUKUMEN PERSYARATAN PALSU   DPMPTSP DKI JAKARTA: DARI 3.888 PERMOHONAN, SEBANYAK 2.094 PENGAJUAN SIKM DITOLAK   PEMPROV DKI JAKARTA MENERIMA 3.888 PERMOHONAN SURAT IZIN KELUAR MASUK (SIKM) PADA LIMA HARI SEJAK LARANGAN MUDIK   SAMPAIKAN DUKA CITA, MUI SEBUT USTAZ TENGKU ZULKARNAIN MERUPAKAN SOSOK PENDAKWAH YANG SANGAT GIGIH   USTAZ TENGKU ZULKARNAIN MENINGGAL DUNIA PADA 10 MEI 2021 SETALAH DIRAWAT DI RS TABRANI PEKANBARU KARENA COVID-19   PEMPROV PAPUA BUAT TIM KECIL UNTUK KOORDINASI DALAM PENYELENGGARAAN PEKAN OLAHRAGA NASIONAL (PON) XX 2021   GUBERNUR DKI JAKARTA ANIES BASWEDAN MINTA PENYALURAN ZAKAT FITRAH DILAKUKAN SECARA LANGSUNG KE TEMPAT PENERIMA   HARI KELIMA LARANGAN MUDIK, SEBANYAK 15.000 PENUMPANG BERANGKAT DARI BANDARA SOEKARNO-HATTA   LARANG WARGA MUDIK, WALI KOTA RAHMAT EFFENDI: BEKASI SUDAH BERHASIL, JANGAN SAMPAI ADA PENINGKATAN KASUS COVID-19   WALI KOTA BEKASI RAHMAT EFFENDI KLAIM 98 PERSEN WILAYAHNYA SUDAH MASUK ZONA HIJAU COVID-19   TOTAL WNI POSITIF COVID-19 DI LUAR NEGERI ADALAH 4.545: 3.588 SEMBUH, 190 MENINGGAL DUNIA, DAN 767 DALAM PERAWATAN