Kompas TV nasional update corona

Hasil Kerja Sama Multilateral, Menlu Sebut Indonesia Dapat 11.704.800 Vaksin

Senin, 8 Maret 2021 | 21:12 WIB
hasil-kerja-sama-multilateral-menlu-sebut-indonesia-dapat-11-704-800-vaksin
Vaksin Oxford-AstraZaneca. (Sumber: Associated Press)

JAKARTA, KOMPAS.TV- Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan, sebanyak 1,1 juta dosis vaksin jadi COVID-19 produksi AstraZeneca tiba di Indonesia. Vaksin ini diperoleh Indonesia dari hasil kerja sama multilateral COVAX Facility.

“Upaya multilateral ini mulai membuahkan hasil. Mulai akhir Februari, pengiriman pertama vaksin multilateral telah mulai dilakukan. Dan pada hari ini Indonesia menerima pengiriman pertama Vaksin AstraZeneca sebesar 1.113.600 (dosis) vaksin jadi,” ujar Menlu di Bandar Udara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Senin (8/3/2021).

Menlu menuturkan jumlah 1,1 juta dosis ini adalah bagian awal dari batch pertama yang diperoleh Indonesia melalui skema multilateral. Dalam batch pertama, Indonesia akan memperoleh 11.704.800 vaksin jadi yang pengirimannya akan dilakukan hingga Mei 2021.

“Dan insyaallah menurut rencana akan diikuti batch-batch selanjutnya,” ujar Retno.

Baca Juga: UGM Mundur dari Penelitian Vaksin Nusantara

Retno lebih lanjut mengungkapkan, kedatangan vaksin ini tidak lepas dari kerja sama antara kementerian dan lembaga terkait di Indonesia. Termasuk berbagai pihak internasional, yaitu negara donor, Aliansi Vaksin GAVI, Badan Kesehatan Dunia (WHO), Dana Anak-Anak Perserikatan Bangsa-bangsa (UNICEF), Koalisi untuk Inovasi Kesiapsiagaan Epidemi (CEPI), dan lain-lain.

“Untuk itu, kami sampaikan apresiasi tinggi atas semua kerja sama yang diberikan,” ucapnya.

Penulis : Ninuk Cucu Suwanti





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
01:29
KETUA DPP PDI-P AHMAD BASARAH MENYATAKAN PARTAINYA TOLAK WACANA MASA JABATAN PRESIDEN TIGA PERIODE   MENTERI BUMN ERICK THOHIR BERHARAP LAMPUNG JADI TUJUAN PARIWISATA NASIONAL   MENTERI BUMN ERICK THOHIR MENDAPAT GELAR ADAT KEHORMATAN DARI MARGA DANTARAN, LAMPUNG    MENSOS TRI RISMAHARINI TARGETKAN PEMBANGUNAN RUSUNAWA UNTUK PMKS DI KOTA BEKASI BISA SELESAI AKHIR TAHUN INI   KEMENKES MINTA DINKES KABUPATEN/KOTA DI WILAYAH BANDUNG RAYA DAN BODETABEK GENCARKAN VAKSINASI COVID-19    HINGGA SAAT INI BARU 11,4 PERSEN WARGA BRASIL YANG TELAH MENJALANI VAKSINASI COVID-19 SECARA PENUH   PRESIDEN BRASIL JAIR BOLSONARO DIDEMO SETELAH KASUS KEMATIAN PASIEN COVID-19 TEMBUS 500.000 JIWA    SATGAS: DALAM SEHARI, 13 WARGA KABUPATEN INDRAMAYU, JABAR, YANG TERKONFIRMASI POSITIF COVID-19 MENINGGAL DUNIA   KAPOLDA METRO JAYA PERINTAHKAN JAJARAN KAPOLSEK BATASI KEGIATAN MASYARAKAT DI ZONA ORANYE COVID-19   KAPOLDA METRO JAYA IRJEN FADIL IMRAN ANCAM BUBARKAN WARGA YANG BERKERUMUN DI ZONA ORANYE COVID-19 DKI JAKARTA   SATGAS: PENAMBAHAN KASUS AKTIF COVID-19 DI INDONESIA DALAM ENAM HARI TERAKHIR MENCAPAI 22.350    PRESIDEN JOKOWI IMBAU MASYARAKAT TETAP PATUH PROTOKOL KESEHATAN AGAR PANDEMI COVID-19 SEGERA TERKENDALI   PRESIDEN JOKOWI BERHARAP “HERD IMMUNITY” DI INDONESIA DAPAT SEGERA TERBENTUK   HINGGA SAAT INI, INDONESIA TELAH MENERIMA SEBANYAK 104.728.400 DOSIS VAKSIN DARI SINOVAC, ASTRAZENECA, DAN SINOPHARM