Kompas TV klik360 cerita indonesia

7 Sosok Wanita yang Bikin Bangga Indonesia di Dunia Internasional

Senin, 8 Maret 2021 | 19:34 WIB

SOLO, KOMPAS.TV – Hari Perempuan Internasional atau International Women’s Day diperingati tiap 8 Maret untuk merayakan pencapaian sosial, ekonomi, budaya, dan politik perempuan.

Dari bidang politik hingga seni, berikut 7 sosok wanita yang mengharumkan nama Indonesia di dunia internasional:

Sri Mulyani Indrawati

Menkeu Sri Mulyani pernah meraih penghargaan sebagai Menteri Keuangan Terbaik di Asia Pasifik.

Ia pernah menjabat sebagai salah satu Direktur Pelaksana Bank Dunia (2010), dan beberapa kali masuk daftar 100 Wanita Paling Berpengaruh di Dunia versi Majalah Forbes.

Butet Manurung

Pencetus sekaligus pendiri Sokola Rimba sejak 1999.

Atas dedikasinya terhadap pendidikan masyarakat terasing dan terpencil di Indonesia, ia menerima penghargaan sebagai salah satu Pahlawan Asia dari TIME (2004) dan penghargaan Magsaysay (2014).

Anggun C. Sasmi

Penyanyi Indonesia pertama yang menembus tangga musik Billboard.

Pernah menerima penghargaan seperti "The Cosmopolitan Asia Women Award" (2000) dan “World's Best Selling Indonesian Artist” dari World Music Awards (2014).

Christine Hakim

Sempat ditunjuk sebagai juri Festival Film Cannes ke-55, juga pernah membintangi film Eat Pray Love (2010). Selain itu, di tahun 2018 ia terpilih sebagai Duta Jasa-Jasa Baik Indonesia untuk UNESCO.

Liliyana Natsir

Liliyana Natsir pernah mendapatkan gelar juara dunia bulu tangkis pada 2006. Ia juga meraih tiga gelar juara secara beruntun di All England (2012-2014), serta medali emas Olimpiade Rio de Janeiro 2016.

Laras Sekar

Model asal Indonesia yang mendunia, pernah melenggang di Paris Fashion Week 2017. Baru-baru ini diketahui menjadi model iklan produk kosmetik milik Kim Kardashian.

Nicke Widyawati

Menjabat Dirut PT Pertamina (Persero) sejak 2018, nama Nicke berada di peringkat 25 dalam daftar The World’s Most Powerful Women versi Forbes (2020). Ia juga pernah menerima penghargaan Women's Work of Female Grace dari Indonesia Asia Institute pada tahun 2013.(*)

Motion Grafis: Agus Eko

Penulis : Gempita Surya





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
22:43
SEBANYAK 13 ABK ASAL FILIPINA POSITIF COVID-19 SAAT AKAN BERLABUH DI PELABUHAN TANJUNG INTAN, CILACAP, JATENG   PEMKAB GARUT BEKERJA SAMA DENGAN LIPI KELOLA OBYEK WISATA DANAU SITU BAGENDIT DI KECAMATAN BANYURESMI   LAKUKAN PELACAKAN, PEMKOT TANGSEL PASTIKAN BELUM ADA TEMUAN KASUS BARU INFEKSI KORONA B1617   HARI KEDUA PELARANGAN MUDIK, POLRES TANGERANG KOTA: 58 KENDARAAN DIPAKSA PUTAR BALIK   DISHUB DKI: 515 ORANG MENGAJUKAN PERMOHONAN SIKM, 137 DITOLAK   PEMPROV DKI PUTUSKAN TEMPAT WISATA DI JAKARTA TETAP DIBUKA SAAT LIBUR LEBARAN   LIPI: JIKA PENDEKATAN MILITER TERPAKSA DILAKUKAN, PERLU CARA AGAR TIDAK BANYAK WARGA SIPIL JADI KORBAN   LIPI SEBUT PENDEKATAN NON-MILITERISTIK DIBUTUHKAN DALAM MENYELESAIKAN MASALAH DI PAPUA   LIPI KHAWATIR PELABELAN KKB SEBAGAI TERORIS AKAN MENUTUP DIALOG   LIPI MENILAI PELABELAN KKB SEBAGAI TERORIS TINGKATKAN KONFLIK DAN TIDAK SELESAIKAN MASALAH DI PAPUA   KPK EKSEKUSI MANTAN ANGGOTA BPK RIZAL DJALIL KE LAPAS KELAS IIA CIBINONG, BOGOR   ICW MENILAI KPK MEROSOT SECARA TERSTRUKTUR SEJAK 2019   MANTAN KETUA KPK BUSYRO MUQODDAS: SELAMA INI TIDAK PERNAH ADA FANATISME KELOMPOK AGAMA APA PUN DI KPK   MANTAN KETUA KPK BUSYRO MUQODDAS MEMBANTAH TUDINGAN YANG MENYEBUT ADA KELOMPOK TALIBAN DI TUBUH KPK