Kompas TV nasional berita utama

Tolak Istana Dikaitkan, Ngabalin Sebut Moeldoko Aktif di Partai Demokrat Dijamin UUD 1945

Senin, 8 Maret 2021 | 18:47 WIB
tolak-istana-dikaitkan-ngabalin-sebut-moeldoko-aktif-di-partai-demokrat-dijamin-uud-1945
Ali Mochtar Ngabalin (Sumber: Kompas.com)

JAKARTA, KOMPAS.TV- Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Ali Mochtar Ngabalin menegaskan keputusan Kepala KSP Moeldoko menerima hasil Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Demokrat tidak ada hubungannya dengan Presiden Joko Widodo. Ngabalin mengatakan,  tindakan Moeldoko merupakan keputusan pribadi yang dijamin oleh UUD 1945.

“Istana maupun Presiden, tidak ada tendensi (intervensi ke partai -red). Keputusan Jenderal TNI (Purn) Moeldoko adalah keputusan Pribadi,” tegas Ngabalin dikutip dari Kompas.com, Senin (8/3/2021).

“Beliau dijamin oleh Undang-undang. Baik UUD 1945 maupun UU Nomor 9 Tahun 1998. Sikap, pikiran, dan pandangan beliau untuk aktif di Partai Demokrat adalah sikap pribadi,” kata Ngabalin.

Baca Juga: Datangi Kemenkumham, AHY Bongkar 5 Fakta KLB Demokrat Dianggap Abal-Abal

Atas dasar itu, Ngabalin meminta semua pihak untuk tidak mengaitkan sikap pribadi Moeldoko dengan kepala negara.

“Itu sebabnya, kenapa saya menolak orang-orang yang mengaitkan sikap pribadi ini dengan keterlibatan Presiden Joko Widodo,” ujarnya.

Terpisah kepada Kompas.TV, Anggota DPR dari Fraksi PKS Mardani Ali Sera mengatakan, apa yang terjadi di Partai Demokrat merupakan musibah demokrasi. Bagaimana pun, kata Mardani, Presiden Jokowi mempunyai tanggungjawab untuk bersikap. Sebab, sambungnya, yang terlibat dalam KLB Partai Demokrat adalah pembantunya, yakni KSP Moeldoko.

Penulis : Ninuk Cucu Suwanti





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
09:33
ASOSIASI BULU TANGKIS MALAYSIA (BAM) INGIN MALAYSIA OPEN 2021 DIGELAR DENGAN PENONTON PADA 25-30 MEI   PANGERAN PHILIP, SUAMI RATU ELIZABETH II, AKAN DIMAKAMKAN DENGAN UPACARA KERAJAAN DI KASTIL WINDSOR PADA 17 APRIL   KASUS COVID-19 MELONJAK TAJAM, 8 JUTA RAKYAT BOGOTA DIMINTA LAKUKAN KARANTINA WILAYAH SECARA KETAT HINGGA 13 APRIL   WAKIL PRESIDEN MA'RUF AMIN INGATKAN, SESUAI ANJURAN MUI, IBADAH DI RUMAH LEBIH BAIK UNTUK CEGAH PENULARAN COVID-19   PEMKAB BANTUL, DIY, LARANG KEGIATAN YANG TIMBULKAN KERUMUNAN JELANG RAMADAN DALAM PENGENDALIAN PENYEBARAN KORONA   CEGAH PENULARAN COVID-19, MASJID ISTIQLAL TIADAKAN KEGIATAN BUKA PUASA DAN SAHUR UNTUK RAMADAN TAHUN INI   MASJID ISTIQLAL HANYA AKAN DIBUKA UNTUK IBADAH SHALAT LIMA WAKTU, SHALAT JUMAT, DAN TARAWIH   KEMBALI DIBUKA UNTUK PUBLIK BERIBADAH DI BULAN RAMADAN, MASJID ISTIQLAL BATASI KAPASITAS JEMAAH HANYA 2.000 ORANG   PENUHI KEBUTUHAN WARGA, POSKO BENCANA ADONARA DARI FLORES TIMUR SEDIAKAN MCK DARURAT SELAMA 3 HARI KE DEPAN   WAKIL GUBERNUR NTT PASTIKAN SENIN INI BANTUAN AKAN DIKIRIM KEPADA WARGA YANG TERDAMPAK BENCANA   WAGUB NTT JOSEF NAE SOI AKUI BANTUAN UNTUK SEJUMLAH DESA DI KUPANG BELUM TERJANGKAU AKIBAT TERKENDALA AKSES DAN CUACA   MASIH TRAUMA TERJADI GEMPA SUSULAN, SEJUMLAH WARGA DI LUMAJANG, JATIM, TIDUR DI LUAR RUMAH ATAU DI TEPI JALAN   PETUGAS TARGETKAN NORMALISASI FASILITAS UMUM DI JEMBER YANG RUSAK AKIBAT GEMPA SELESAI DALAM 14 HARI   GUBERNUR JATIM MINTA PERBAIKAN TEMPAT IBADAH DAN LAYANAN KESEHATAN YANG RUSAK AKIBAT GEMPA JADI PRIORITAS