Kompas TV regional berita daerah

Polda Jateng Pasang Kamera Pengawas Pada Anggota

Senin, 8 Maret 2021 | 18:01 WIB

SEMARANG, KOMPAS.TV - Direktorat lalulintas Polda Jawa Tengah, segera menerapkan sistem tilang berbasis elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement pada 17 maret mendatang. Penerapan tilang elektronik akan dilakukan di 27 titik di wilayah Jawa Tengah, dengan menempatkan 21 cctv dan 6 speed cam.

 

Dalam perkembangan menjelang pelaksanaan E-tilang, pengadaan kamera kembali diperbanyak, dengan pemasangan kamera pengawas tambahan di 50 titik yang dibiayai oleh bappenas.

 

Selain itu, sebagai terobosan, Polda Jawa Tengah juga akan melengkapi polisi lalu lintas dengan helm yang dipasangi kamera sebagai bagian dari penerapan tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) secara mobile.

 

Petugas akan berpatroli dengan memakai helm berkamera tersebut, dan jika saat melakukan patroli ditemukan pengendara kendaraan bermotor yang melanggar lalu lintas, petugas akan merekam kemudian menegur pengendara tersebut. Kepada pengendara yang yang melanggar, tidak akan dilakukan penilangan langsung, akan tetapi surat tilang akan dikirim ke alamat pengendara, melalui jasa PT Pos Indonesia.

 

Pemberlakukan kebijakan baru ini tentu menjadi peringatan bagi anda para pengendara kendaraan bermotor, untuk selalu mentaati segala aturan saat berkendara di jalan raya.

 

Penerapan  e-t-l-e menindaklanjuti program kapolri jenderal listyo sigit diawali 3 Polda di seluruh Indonesia salah satunya Polda Jateng. Selain mendidik pengendara kendaraan untuk selalu disiplin dalam berlalu lintas juga untuk meminimalisir anggota di lapangan bersentuhan langsung dengan pelanggar lalu lintas. Sistem tilang berbasis elektronik  ini juga telah terkoneksi dengan daerah lain sehingga melanggar berplat luar Kota dapat dikenai tilang.

Penulis : KompasTV Pekalongan





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
03:38
AKTIVIS PENCINTA LINGKUNGAN GREENPEACE MINTA MAAF SETELAH AKSI PROTESNYA LUKAI 2 O RANG DI STADION ALLIANZ ARENA   TIMNAS RUSIA BUNGKAM FINLANDIA LEWAT GOL TUNGGAL ALEKSEI MIRANCHUK DI LAGA GRUP B EURO 2020   PEMERINTAH INGGRIS TEGASKAN JUMLAH PENONTON EURO 2020 DI WEMBLEY HANYA 25 PERSEN DARI KAPASITAS STADION   PEMERINTAH JEPANG INGIN KEHADIRAN 10.000 PENONTON DI TIAP LOKASI PERTANDINGAN OLIMPIADE DAN PARALIMPIADE TOKYO   BPBD DKI JAKARTA MINTA WARGA WASPADA BANJIR MENYUSUL TINGGI MUKA AIR DI POS PANTAU HULU ANGKE, JAKUT, MASUK SIAGA 3   PT JAKARTA INTERNATIONAL CONTAINER TERMINAL (JICT) IMBAU SOPIR TRUK TIDAK PERLU LAGI BAYAR UANG TIP DI PELABUHAN   TAMAN MARGASATWA RAGUNAN BATASI KUNJUNGAN MAKSIMAL 50 PERSEN DI MASA PEMBERLAKUAN PPKM MIKRO   KASUS COVID-19 MELONJAK, PEMKAB WONOGIRI INSTRUKSIKAN KADES SIAPKAN TEMPAT ISOLASI DESA   SATGAS COVID-19 PASTIKAN SUPLAI VAKSIN COVID-19 DARI LUAR NEGERI TERJAGA SESUAI JADWAL VAKSINASI PEMERINTAH   KANTOR KELURAHAN CIGANJUR, JAKARTA SELATAN, DITUTUP 2 HARI SETELAH LURAH HIFZILLAH TERKONFIRMASI POSITIF COVID-19   PEMKOT MADIUN PERPANJANG PPKM MIKRO HINGGA 28 JUNI KARENA KASUS COVID-19 MASIH TINGGI   PEMKOT SURABAYA FOKUSKAN SKRINING DAN TES USAP DI JEMBATAN SURAMADU BAGI PENGENDARA YANG MASUK KE ARAH BANGKALAN   PEMKOT BANDUNG AKAN LAKUKAN PENGETATAN AKTIVITAS MASYARAKAT KARENA LONJAKAN KASUS COVID-19   KEMENDAGRI PASTIKAN REALISASI KATALOG ELEKTRONIK (E-KATALOG) GUNAKAN PRODUK DALAM NEGERI