Kompas TV video news vlog

Kupas Tuntas Centella Asiatica yang Banyak Dipakai untuk Skin Care, Beneran Bagus?

Senin, 8 Maret 2021 | 17:06 WIB
Penulis : Laura Elvina

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sejak dua sampai 3 tahun lalu, Centella Asiatica banyak dipakai sebagai ingredients dalam skin care. Tapi dulu, yang banyak pakai itu skin care asal Korea Selatan.

Sekarang banyak skin care lokal yang juga pakai Centella Asiatica. Tapi tahu enggak sih sebenarnya apa itu Centella Asiatica?

Centella Aisatica adalan tanaman liar berwarna hijau yang biasanya ditemukan di perkebunan pinggir jalan dan pematang sawah. Tanaman ini sudah lama dikenal sebagai tanaman herbal dan banyak ditemukan di Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Selain itu Centella Asiatica juga banyak ditemukan di India, China, Jepang dan Australia. 

Khasiat Centella Asiatica juga sudah banyak diteliti dan ditulis dalam jurnal kesehatan di banyak negara. Tidak hanya khasiat untuk kulit tetapi juga untuk kesehatan organ tubuh lainnya.

Tapi khusus untuk kulit, dilansir dari Jurnal Centella Asiatica in Cosmetology, National Center for Biotechnology Information disebutkan, Centella Asiatica memiliki manfaat seperti berikut:

1. Mengobati luka dan bekas luka

2. Menstimulasi kolagen dan menunda penuaan

3. Antioksidan

4. Untuk melembabkan dan melembutkan kulit

5. Efektif mengurangi peradangan termasuk mengurangi peradangan jerawat

Dalam jurnal tersebut juga disebutkan, khasiat Centella Asiatica baik untuk kulit, karena tanaman ini mengandung Triterpenoid yang terdiri dari senyawa aktif Asiatic Acid, Madecassic, Acid Asiaticoside, and Madecassoside yang bekerja untuk menyembuhkan luka dan menstimulasi kolagen.

Secara harfiah, Centella Asiatica adalah nama latin untuk tanaman ini. Kalau di Indonesia Centella Asiatica sudah lama dikenal dengan nama pegagan, daun kaki kuda, dan antanan.

Kalau di luar Indonesia, Centella Asiatica juga dikenal dengan nama gotu kola, brahmi, indian pennywort, and asiatic pennywort.

Video editor: Faqih Fiisabilillah

Baca Juga: Jurnalis Ungkap Cerita Vaksin di Malaysia, Apakah Sama dengan Indonesia? - POLLING #28


Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA


Close Ads x