Kompas TV nasional peristiwa

Isteri Nadiem Makarim Bagikan Tips Jadi Ibu Rumah Tangga Produktif

Kompas.tv - 8 Maret 2021, 16:08 WIB
isteri-nadiem-makarim-bagikan-tips-jadi-ibu-rumah-tangga-produktif
Franka Nadiem Makarim (Sumber: Tribunnews )
Penulis : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Isteri Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim, Franka Makarim, berbicara dalam webinar Perempuan Pemimpin dan Kesetaraan Gender dalam merayakan hari Perempuan Sedunia, Senin (8/3/2021). Meski sebagai Co-Founder dari perusahaan perhiasan Tulola Jewelry, namun Franka juga memberi perhatian pada ibu-ibu yang bergelut sebagai seorang ibu rumah tangga.

Menurutnya, menjadi seorang ibu rumah tangga juga pekerjaan. "Itu pilihan karir juga. Baik karena pilihan maupun karena tuntututan keluarga," katanya.

Menurut Franka, menjadi ibu rumah tangga  tetap bisa produktif asalkan mau menggali potensi yang ada di dalam diri. "Memperkaya diri dengan riset, banyak di internet. Kursus perkembangan anak juga bisa secara online," katanya.

Baca Juga: Menteri Nadiem Bicara Tiga Dosa Pendidikan: Intoleransi, Kekerasan Seksual dan Perundungan

Menurutnya, yang penting lagi adalah kemampuan dalam mengelola waktu dan keuangan. "Bagaiman mengelola waktu dan keuangan seefisien mungkin. Karena itu berkarir di rumah juga seperti karir lainnya," ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Franka juga berbicara mengenai perundungan (bullying) yang banyak dihadapi anak-anak di media sosial. "Saya juga pernah merasakan saat di sekolah, saat sedang mencari teman dan mencari jati diri," katanya.

Dampak perundungan itu, ternyata terasa sampai jangka panjang. Meski di zamannya belum ada cyberbullying, tapi tetap saja efeknya terasa menyakitkan dan menganggu. Franka kemudian lagi-lagi menyebutkan bahwa kuncinya ada di dalam keluarga. 

Baca Juga: Sandiaga Uno Bertemu Nadiem Makarim Bahas Posisi Borobudur

Itulah yang ditanamkan dalam keluarganya bersama sang suami. "Kita berperan memberikan ketanguhan dalam diri anak-anak kita," katanya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x