Kompas TV internasional kompas dunia

Partai Oposisi Senegal Serukan Demo Besar-besaran Tiga Hari, Pemerintah Liburkan Sekolah

Kompas.tv - 8 Maret 2021, 15:43 WIB
partai-oposisi-senegal-serukan-demo-besar-besaran-tiga-hari-pemerintah-liburkan-sekolah
Seorang demonstran mengibarkan bendera Senegal untuk memprotes pemerintah dan penangkapan pimpinan partai oposisi, Ousmane Sonko, Jumat (5/3/2021). (Sumber: AP Photo/Leo Correa)
Penulis : Ahmad Zuhad

DAKAR, KOMPAS.TV - Bentrokan berdarah meletus pada minggu lalu di Senegal setelah polisi menangkap pimpinan oposisi Ousmane Sonko pada Rabu (3/3/2021). Oposisi menyatakan akan melakukan demonstrasi besar-besaran mulai Senin (8/3/2021).

Sedikitnya lima orang, termasuk seorang anak sekolah, telah tewas dalam beberapa hari bentrokan. Orang-orang membakar mobil, menjarah toko dan melempari polisi dengan batu. Kerusuhan ini menjadi kekerasan politik terburuk di negara Afrika Barat ini dalam beberapa tahun terakhir.

PBB dan 15 negara Komunitas Ekonomi Negara-negara Afrika Barat (ECOWAS) telah mendesak semua pihak di negara itu untuk menahan diri dan tetap tenang.

Baca Juga: Terjadi Demo Ricuh Pendukung Ousman Sonko di Dakar Senegal

Semua ini bermula oleh penangkapan politisi yang populer di kalangan anak muda dan kelompok Islam, Ousmane Sonko. Sonko adalah pimpinan Partai Pastef yang kerap mengkritik pedas pemerintah.

Pada Pemilu 2019 Sonko berada di urutan ketiga perolehan suara di bawah Presiden Senegal Macky Sall.

Polisi menangkap Sonko dengan tuduhan menganggu ketertiban umum. Dalam kasus terpisah, Sonko juga terjerat tuduhan pemerkosaan dari pekerja salon. Sonko sendiri mengaku datang ke salon itu untuk mendapatkan jasa pijat punggung.

Para pendukung Sonko turun ke jalan saat polisi hendak membawa Sonko ke pengadilan di Ibu Kota Senegal, Dakar. Bentrokan pun pecah antara pendukung Sonko dan aparat pemerintah.

Bentrokan berubah menjadi protes nasional menentang pemerintah di bawah Presiden Macky Sall. Sebagian besar orang yang turun ke jalan adalah pemuda yang kehilangan pekerjaan akibat krisis pandemi Covid-19.

“Situasi ekonomi yang suram telah membuat orang turun ke jalan dan menunjukkan bahwa mereka sudah muak,” kata Ndeme Dieng, seorang anggota oposisi, dikutip dari Al Jazeera.

Masyarakat Senegal merasa frustasi akibat kehancuran ekonomi karena pandemi COVID-19 dan jam malam untuk menahan penularan virus. Sementara, sebagian besar warga bekerja di sektor informal.

Senegal sering disebut sebagai surga tenang di Afrika Barat, tetapi sekitar 40 persen penduduknya hidup di bawah garis kemiskinan.

Baca Juga: Pria Ini Ledek Polisi dengan Komentari Surat Perintah Penangkapannya di Facebook



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x