Kompas TV regional berita daerah

Potret Kemiskinan Warga Dengan Upah 20 ribu Perhari Hidupi 2 Adik Disabilitas Dan Hiperaktif

Senin, 8 Maret 2021 | 15:02 WIB

Klungkung, KOMPASTV - Angka kemiskinan , utamanya ditengah pandemi covid-19 saat ini terus mengalami peningkatan. Bahkan untuk kabupaten klungkung bali , angka kemiskinan sesuai data badan pusat statistik , BPS , mencapai 4,87 persen , jauh lebih tinggi dari angka propinsi bali , hanya 3,78 persen .

Salah satu warga miskin di banjar jelantik mamoran, desa tojan, kabupaten klungkung. yakni Ni Wayan Sukrani, yang kesehariannya membuat kapur sirih,  yang kemudian dijualnya kepasar dengan penghasilan kurang dari 20 ribu rupiah per hari. Angka ini sungguh tidak cukup, ia harus gunakan untuk menghidupi dirinya dan dua adik tirinya yang mengalami gangguan kesehatan. Satu disabilitas, satunya lagi hiperaktif .

Ni Wayan Sukrani menuturkan, rumah yang ditempatinya adalah peningalan orang tuanya yang sudah lama meninggal. Berikut ibu tirinya yang pergi setelah bapaknya meninggal sehingga wanita 40 tahun ini harus menjadi kakak sekaligus ibu untuk adik-adiknya dengan kondisi serba kekurangan .

Adiknya yang kedua, terpaksa putus sekolah lantaran tidak ada kendaraan untuk mengantarnya di SLB, sedangkan adiknya ketiga , masih duduk di bangku kelas tiga sd . Dan saat belajar online terpaksa harus meminjam dari saudara dekatnya . Namun saat ini sudah dua bulan tidak belajar, lantaran saudaranya sedang pulang kampung ke singaraja/ sehingga pelajaran tertinggal selama dua bulan terakhir .

Upaya menurunkan kemiskinan terus dilakukan berbagai pihak , salah satunya dari persatuan istri tentara , atau persit kartika candra kirana pengurus daerah sembilan udayana, ikut membantu pemerintah mendorong penurunan kemiskinan dengan melaksanakan berbagai aksi sosial . Salah satunya dengan memberikan bantuan bedah rumah .

Selama 25 hari, tni dan juga masyarakat, saling bahu-membahu membantun masyarakat ditengah kesulitannya.  Selain bangunan rumah, juga beserta isi rumah serta dibuatkan toilet layak pakai dan tempat usaha pembuatan kapur sirih , untuk keluarga ini.

#potretkemiskinan #wargamiskin #hidupdengan20ribu 

Penulis : KompasTV Dewata





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
21:37
KERETA LOKAL MERAK DAN KRL DI KABUPATEN LEBAK TIDAK BEROPERASI SELAMA LARANGAN MUDIK LEBARAN BERLAKU   MULAI BESOK, KRL LINTAS TANAH ABANG-RANGKASBITUNG BEROPERASI SAMPAI DI STASIUN TIGARAKSA   ASTRA TOL CIPALI: 70.000 KENDARAAN LINTASI TOL CIPALI JELANG PENERAPAN LARANGAN MUDIK LEBARAN   POLDA BANTEN KERAHKAN 2.500 PERSONEL GABUNGAN UNTUK JAGA KETAT 19 TITIK PENYEKATAN MUDIK LEBARAN   SEBANYAK 1.500 APARAT GABUNGAN DIKERAHKAN DALAM OPERASI KETUPAT JAYA DI JAKARTA PUSAT   POLDA METRO JAYA SIAPKAN 31 POS PENYEKATAN LARANGAN MUDIK LEBARAN   KOMISI IX DPR MINTA PEMERINTAH KONSISTEN TERAPKAN LARANGAN MUDIK UNTUK ANTISIPASI PENYEBARAN COVID-19   LARANGAN MUDIK LEBARAN MULAI BERLAKU BESOK HINGGA 17 MEI 2021   KPK TUNGGU PENJELASAN KEMENPAN DAN RB SERTA BKN SOAL TINDAK LANJUT HASIL TES WAWASAN KEBANGSAAN   KPK TIDAK BERHENTIKAN 75 PEGAWAI YANG TAK LULUS TES WAWASAN KEBANGSAAN   KOALISI SAVE KPK SEBUT HASIL TES WAWASAN KEBANGSAAN TAK BISA DIPAKAI SEBAGAI DASAR PEMECATAN PEGAWAI KPK   YLBHI MENILAI PEMBERHENTIAN PEGAWAI KPK KARENA TAK LULUS TES WAWASAN KEBANGSAAN MELAMPAUI KEWENANGAN   SEBANYAK 75 PEGAWAI KPK TIDAK MEMENUHI SYARAT TES WAWASAN KEBANGSAAN SEBAGAI BAGIAN DARI ALIH STATUS JADI ASN   PEMERINTAH DAN 72 "E-COMMERCE" BERI SUBSIDI GRATIS ONGKOS KIRIM HINGGA RP 20.000 UNTUK BELANJA PRODUK LOKAL