Kompas TV nasional update

Terbukti Masuk ke Indonesia Sejak Januari 2021, Ini Sederet Fakta Lainnya Soal Mutasi Corona B117

Kompas.tv - 8 Maret 2021, 16:41 WIB

KOMPAS.TV - Varian baru mutasi virus Corona B117 asal Inggris, sebenarnya sudah masuk indonesia, sejak akhir Januari 2021, tetapi baru membuat gempar sekitar sepekan terakhir karena baru terdeteksi lewat uji sekuensing yang hasilnya diumumkan 2 maret lalu.

Dua perempuan pekerja migran asal Karawang yang mendarat secara terpisah di Bandara Soekarno Hatta, diduga tertular Corona mutasi baru ini, saat bekerja di Arab Saudi.

Kasus pertama, adalah warga kecamatan Lemahabang yang mendarat 28 Januari dan kasus kedua adalah warga Kecamatan Pedes yang mendarat 31 Januari.

Keduanya diketahui positif Covid-19 setelah menjalani tes PCR begitu tiba di Bandara Soekarno-Hatta, sebelum menjalani karantina.

Sesuai protokol, kedua pekerja migran ini juga sudah menjalani isolasi di Wisma Atlet Pademangan Jakarta, hingga tes PCR nya dinyatakan negatif dan diperbolehkan pulang ke Karawang pada pertengahan februari.

Salah satu penyintas Corona varian B117 ini, bahkan juga sempat menggelar hajatan pernikahan putrinya di Brebes, Jawa Tengah, pada akhir Februari.

Namun, hasil uji sekuensing, yang baru diumumkan 2 Maret lalu, terungkap, bahwa virus covid-19 yang menginfeksi mereka adalah virus mutasi varian baru B117
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.