Kompas TV regional berita daerah

Cegah Lonsor Di Hutan Offroader Tanam Ratusan Pohon

Kompas.tv - 8 Maret 2021, 13:48 WIB
Penulis : KompasTV Kediri

KEDIRI, KOMPAS.TV - Ratusan pecinta olah raga offroad dan trail di Kediri, melakukan aksi penanaman pohon di kawasan lereng gunung klotok. Kegiatan itu menggambarkan bahwa mereka selama ini tidak hanya menggunakan alam sebagai tempat bermain namun juga turut menjaganya.

Aksi ini bukan kali pertama dilakukan oleh gabungan komunitas offroad dan trail itu. Bahkan pada kesempatan offroad di jalur kawasan hutan, mereka kerap menancapkan bibit-bibit pohon pada sejumlah titik yang gersang.

Meski selama ini melintasi hutan sebagai jalur beradventure, namun para penggila olah raga beradrenalin tinggi itu tetap berkomitmen menjaga lingkungan. Sementara itu aksi komunitas offroad dan motor trail itu mendapat apresiasi dari banyak pihak. Investasi jangka panjang ini dinilai mampu menyelamatkan generasi yang akan datang.

Kawasan klotok sendiri, merupakan water torn bagi keberlangsungan hidup masyarakat di wilayah Kota Kediri barat sungai. Terdapat lebih dari 20 sumber mata air di sana yang perlu untuk dijaga bersama. Kelestariannya juga diharapkan mampu menjadi paru-paru bagi masyarakat kediri dan sekitarnya.

Ada 500 bibit pohon yang ditanam oleh mereka di kawasan klotok. Mulai dari bibit asam jawa, duku, trembesi, dan masih banyak lagi. Sementara itu, selain aksi tanam pohon mereka juga membagikan paket sembako untuk masyarakat sebagai bentuk kepedulian terhadap pandemi covid-19.

#Kediri #Tanam #Pohon #Offroad #Trail #Beritakediri



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x