Kompas TV regional berita daerah

Kedai Kopi di Yogyakarta Sajikan Kopi Durian Pakai Kecap, Begini Rasanya

Kompas.tv - 8 Maret 2021, 13:19 WIB
kedai-kopi-di-yogyakarta-sajikan-kopi-durian-pakai-kecap-begini-rasanya
Kopi durian kecap di sebuah kedai kopi Yogyakarta (Sumber: istimewa)
Penulis : Switzy Sabandar

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV- Segelas kopi dicampur buah durian mungkin bukan hal baru lagi bagi penikmat kopi. Namun bagaimana rasanya jika ada kopi durian dicampur dengan kecap manis? Kedai kopi di Yogyakarta ini punya jawabannya.

Kedai kopi bernama Senja and Memories yang berada di Jalan Tata Bumi, Kapanewon Godean, Kabupaten Sleman menyuguhkan sensasi baru bagi para penyuka kopi. Kopi durian ditambah dengan kecap Bango.

Kecap manis yang biasanya dipakai untuk bumbu masak dan makanan ternyata bisa dipadukan dengan kopi.

“Faktanya kecap manis menjadi pengganti gula,” kata pemilik kedai Senja and Memories, Yudi Tri Sanjaya, Senin (8/2/2021).

Baca Juga: Kopi Kulawi Khas Sulawesi Tengah Dikreasikan Berbagai Rasa

Minuman kopi yang dicampur dengan durian serta tambahan kecap manis itu dikemas di dalam sebuah cup plastik. Semakin nikmat jika diminum dalam keadaan dingin.

Yudi sapaannya mengaku, varian minuman kopi durian resmi dirilis pada 5 Maret 2020. Ide minuman kopi durian dicampur kecap manis terbesit secara spontan. 

Yudi membutuhkan waktu dua hari untuk menemukan rasa yang cocok. Selain itu, ia juga ingin memanfaatkan buah durian yang belakangan ini mudah dicari. 

"Awalnya (kecap) saya campurkan dengan kopi dan susu, tapi rasanya tidak cocok. Namun saya coba lagi dengan kopi dengan campuran durian. Karena waktu itu memang musim durian. Saya sendiri penyuka durian. Kok cocok," ucapnya.

Satu gelas plastik minuman tersebut  terdapat komposisi campuran sedikit susu, house blend robusta dan arabika, durian, serta creamer. Ia juga menambahkan sedikit gula untuk penyatu rasa dan tiga sendok makan kecap.

Kedai kopi Senja and Memories buka selama 24 jam. Harga kopi yang ditawarkan berkisar Rp 30.000.

Kabar yang berkembang di kalangan masyarakat menyatakan menyantap buah durian bersamaan minum kopi, bisa membuat orang tersebut limbung dan akhirnya semaput hingga meninggal. Apakah betul demikian?

Baca Juga: Terkuak! Racikan Kopi Berkhasiat Ala Prabowo Subianto

Guru Besar FKKMK UGM, Hari Kusnanto mengungkapkan mengonsumsi kopi durian boleh-boleh saja.

"Enggak masalah, kopi durian banyak diproduksi di Malaysia dan laku termasuk diimpor oleh Indonesia," tuturnya.

Kendati demikian, pencinta kopi durian tetap tidak boleh mengonsumsi kopi secara berlebihan karena konsumsi durian berlebih tidak baik untuk kesehatan.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x