Kompas TV nasional berita utama

Jokowi Minta BPPT Jadi Otak Pemulihan Ekonomi Secara Extra Ordinary

Kompas.tv - 8 Maret 2021, 11:05 WIB
jokowi-minta-bppt-jadi-otak-pemulihan-ekonomi-secara-extra-ordinary
Presiden Jokowi saat memberi penjelasan tentang Perkembangan Penanganan Covid-19 di Indonesia (Sumber: Tangkapan Layar Youtube Setpres)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti

JAKARTA, KOMPAS.TV- Presiden Joko Widodo mengatakan Indonesia harus bekerjasama untuk membangun teknologi berbasis revolusi industri jilid 4. Atas dasar itu, Jokowi menuturkan ada tiga hal penting yang harus dilakukan BPPT agar menjadi otak pemulihan ekonomi secara extra ordinary.

Hal tersebut disampaikan Presiden Jokowi saat pembukaan Rakernas Penguatan Ekosistem Inovasi Teknologi BPPT Tahun 2021, Senin (8/3/2021).

“Pertama, BPPT harus berburu Inovasi dan teknologi untuk dikembangkan, dan siap diterapkan. Saya yakin ratus ribu peneliti, ribuan lembaga riset dan teknologi di pemerintah dan swasta dan jutaan inovator di masyarakat luas pasti memiliki banyak temuan-temuan,” ujarnya.

Baca Juga: Presiden Jokowi Gaungkan Benci Produk Asing, Pengamat: Heroik, Tapi Berbahaya

“Mungkin itu temuan awal yang masih perlu dikembangkan, mungkin temuan matang yang siap untuk diterapkan, dan langsung bisa di industri kan,” tambahnya.

Kedua, sambung Jokowi, BPPT harus menjadi lembaga akuisisi teknologi maju dari manapun karena teknologi berjalan sangat cepat sekali. Di samping itu, teknologi yang kita butuhkan untuk pemulihan ekonomi nasional mungkin saja belum diproduksi di dalam negeri.

“Jadi strategi akuisisi teknologi dari luar negeri menjadi kunci percepatan pembangunan ekonomi kita. BPPT harus menyiapkan strategi akuisisi teknologi dari luar yang sangat bermanfaat dan bisa di implementasikan secara cepat,” ujarnya.

Dalam hal akuisisi teknologi, Jokowi mengingatkan jangan sekedar membeli mesin jadi. Lebih dari itu, katanya, akuisisi teknologi harus membuat kerja sama produksi teknologi yang melibatkan para teknolog Indonesia. Sehingga transfer pengetahuan dan transfer pengalaman yaitu berjalan. 

Baca Juga: Partai Demokrat Kubu Moeldoko Berpeluang Dapat SK Kemenkumham karena Dinilai Sudah Direstui Jokowi

“Perintah ini bukan hanya untuk BPPT tetapi kepada seluruh jajaran kabinet terutama para Menko-menko, Menko maritim dan investasi dan kepada Menko Perekonomian, pada Menteri Perdagangan, Menteri Perindustrian, Menteri BUMN, dan juga kepala BKPM,” tegasnya.

“Dengan kekuatan pasar raksasa yang kita miliki, kekuatan pasar besar yang kita miliki dan juga dengan kekayaan sumber daya alam yang melimpah kita mempunyai laverage yang kuat. Pikirkan betul cara-cara cerdas untuk melakukan akuisisi teknologi ini secara murah,” tambah Jokowi.

Ketiga, lanjut Jokowi, BPPT harus menjadi pusat kecerdasan teknologi Indonesia. Karena persaingan dalam menguasai AI sudah sama dengan space word di era perang dingin.

“Siapa yang menguasai AI, dia yang akan berpotensi menguasai dunia. Ini kita kejar kejaran, dan menghadapi Perang AI, saat ini kita memerlukan BPPT yang bisa memproduksi teknologinya sendiri,” kata Jokowi.

“Tolong BPPT sinergikan talenta-talenta diaspora peneliti-peneliti di Universitas, start up teknologi dan anak-anak muda yang sangat militan, bangun mesin AI induk, yang bisa memfasilitasi gotong royong antar inovator dan peneliti, memfasilitasi kecerdasan komputer dan kecerdasan manusia untuk mendukung keunggulan ekonomi yang tidak konvensional dan sekaligus efektif,” ujarnya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x