Kompas TV internasional kompas dunia

Berkunjung ke Irak, Paus Fransiskus Cela Ekstremisme sebagai Pengkhianatan pada Agama

Minggu, 7 Maret 2021 | 10:47 WIB
berkunjung-ke-irak-paus-fransiskus-cela-ekstremisme-sebagai-pengkhianatan-pada-agama
Paus Fransiskus saat memimpin Misa di Gereja Mar Youssef, Baghdad, Irak, Sabtu (6/3/2021). (Sumber: AP Photo/Khalid Mohammed)

BAGHDAD, KOMPAS.TV - Pemimpin Katolik Dunia, Paus Fransiskus mencela ekstremisme sebagai sebuah pengkhianatan terhadap agama.

Hal itu diungkapkannya dalam kunjungannya di Kota Kuno Ur, yang menjadi tempat kelahiran Nabi Ibrahim, yang merupakan utusan Tuhan baik di Yahudi, Kristen dan Islam.

Selain ekstrimisme, Paus juga menegaskan permusuhan dan kekerasan juga masuk ke dalam kategori yang sama.

Baca Juga: Penyebaran Covid-19 di Tingkat Lokal Terkendali, Brunei Darussalam Longgarkan Pembatasan Sosial

“Kami sebagai umat kepercayaan tak bisa diam saja ketika teroris menyakiti agama,” tutur Paus dikutip dari BBC, Sabtu (6/3/2021).

“Memang, kami dipanggil dengan tegas untuk menghilangkan kesalahpahaman. Mari kita tak membiarkan cahaya surga dibayangi oleh awan kebencian,” tambahnya.

Baca Juga: Keanehan di Kebun Binatang China Viral, Kandang Serigala Tetapi Diisi Anjing

Paus juga menambahkan bagaimana komunitas kepercayaan Yazidi berduka dengan kematian banyak pria, dan menjadi saksi mata dari ribuan wanita, gadis dan anak-anak dijual sebagai budak oleh ISIS.

Mereka juga menjadi subyek dari kekerasan fisik serta pemaksaan dari perubahan agama.

Paus Fransiskus melakukan kunjungan empat hari ke Irak, sejak Kamis (4/3/2021).

Penulis : Haryo Jati

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
22:26
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19