Kompas TV internasional kompas dunia

China Izinkan Penggunaan 3 Obat Tradisional China Untuk Pengobatan Covid-19

Minggu, 7 Maret 2021 | 08:32 WIB
china-izinkan-penggunaan-3-obat-tradisional-china-untuk-pengobatan-covid-19
Otoritas Kesehatan China menyetujui tiga produk obat tradisional China sehingga kini bisa dijual untuk membantu mengobati Covid-19. Demikian pengumuman Badan Produk Medis Nasional China pada Rabu lalu (03/03/2021) (Sumber: Kompas/Shutterstock)

BEIJING, KOMPAS.TV -  Otoritas Kesehatan China memberi persetujuan bagi tiga produk obat tradisional China atau yang lebih dikenal dengan Traditional Chinese Medicine (TCM), sehingga kini bisa dijual untuk membantu mengobati Covid-19. Demikian pengumuman Badan Produk Medis Nasional China pada Rabu lalu (03/03/2021).

Badan tersebut menggunakan prosedur persetujuan khusus untuk memberi lampu hijau pada tiga produk obat tradisional, yang memberikan lebih banyak pilihan untuk pengobatan Covid-19.

"Produk herbal tersebut datang dalam bentuk butiran dan dilacak asal-usulnya ke resep China kuno," sebut pernyataan Badan Produk Medis Nasional China seperti dikutip CNN, Jumat (05/03/2021).

Mereka dikembangkan dari pengobatan TCM yang telah digunakan pada awal pandemi, namun produk tersebut telah disaring oleh banyak akademisi dan ahli di garis depan.

Baca Juga: China Akan Memvaksinasi 40 Persen Dari Penduduknya Pada Juni 2021

Ilustrasi: obat tradisional rempah-rempah. Otoritas Kesehatan China menyetujui tiga produk obat tradisional China sehingga kini bisa dijual untuk membantu mengobati Covid-19. Demikian pengumuman Badan Produk Medis Nasional China pada Rabu lalu (03/03/2021)(Sumber: SHUTTERSTOCK / Madlen)

Ketiga produk TCM tersebut adalah butiran pembersih paru-paru dan detoksifikasi, butiran pengurai kelembaban dan detoksifikasi, dan butiran pendifusi dan detoksifikasi paru-paru.

Keamanan dan efektivitas TCM masih diperdebatkan di China. Meskipun banyak pengobatan di TCM telah digunakan selama ratusan tahun, kritikus berpendapat bahwa tidak ada bukti ilmiah yang dapat diverifikasi untuk mendukung manfaat yang diharapkan.

Penulis : Edwin Shri Bimo





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
01:11
BMKG: CUACA JABODETABEK DIPENGARUHI SIRKULASI SIKLONIK DI SAMUDRA HINDIA BARAT BENGKULU YANG PICU AWAN HUJAN   BMKG PASTIKAN SIKLON TROPIS SURIGAE TAK PENGARUHI CUACA DI WILAYAH JABODETABEK   KEMKOMINFO TARGETKAN 1,5 JUTA WARGA JAWA TIMUR AKAN TERLITERASI DIGITAL HINGGA 2024   KEMENKES MENYATAKAN BELUM MENDAPATKAN HASIL UJI PRAKLINIS VAKSIN NUSANTARA   LBM EIJKMAN TARGETKAN VAKSIN MERAH PUTIH DAPAT IZIN BPOM PADA PERTENGAHAN 2022   ANTISIPASI LONJAKAN PENUMPANG JELANG LARANGAN MUDIK, PT KAI AKAN OPERASIKAN KERETA LUAR BIASA   HUMAS PT KAI DAOP I MENYATAKAN TAK ADA PENAMBAHAN KERETA HINGGA PEKAN PERTAMA BULAN RAMADAN   HUMAS PT KAI DAOP I EVA CHAIRUNISA SEBUT JUMLAH PENUMPANG DALAM SATU PEKAN TERAKHIR MASIH NORMAL   LARANGAN MUDIK, JUMLAH PENUMPANG YANG BERANGKAT PADA SABTU MALAM JAUH LEBIH SEDIKIT DIBANDING PAGI-SIANG    PRESIDEN JOKOWI: AHLI PERENCANAAN BANGUNAN HARUS BISA MEMBANGUN TEMPAT HIDUP YANG NYAMAN BAGI MASYARAKAT    BERI SAMBUTAN DI HUT KE-50 IKATAN AHLI PERENCANAAN, PRESIDEN INGATKAN PERENCANAAN BUKAN HANYA MEMBANGUN BANGUNAN   BENNY SUSETYO: IDEOLOGI PANCASILA PERLU DIAJARKAN KEMBALI DI DUNIA PENDIDIKAN MULAI PAUD SAMPAI PERGURUAN TINGGI    STAFSUS KETUA DEWAN PENGARAH BPIP BENNY SUSETYO: REVISI PP NO 57 TAHUN 2021 HENDAKNYA MENGACU PADA IDEOLOGI PANCASILA   SAAT LEBARAN, PEMPROV JATIM IZINKAN PERJALANAN KE GRESIK, BANGKALAN, MOJOKERTO, SURABAYA, SIDOARJO, DAN LAMONGAN