Kompas TV internasional kompas dunia

Senat Amerika Serikat Setujui Paket Bantuan Covid-19 Senilai 1.9 Triliun Dollar AS

Kompas.tv - 7 Maret 2021, 08:00 WIB
senat-amerika-serikat-setujui-paket-bantuan-covid-19-senilai-1-9-triliun-dollar-as
Hasil pemungutan suara Senat AS pada pemilihan paket bantuan senilai 1.9 triliun dollar AS. Senat Amerika Serikat menyetujui rencana bantuan Covid-19 senilai 1,9 triliun dollar AS dari Presiden AS Joe Biden dalam pemungutan suara Senat hari Sabtu (06/03/2021) di AS, seperti dilansir Reuters, Minggu (07/03/2021) (Sumber: US Senate Television via AP)
Penulis : Edwin Shri Bimo

WASHINGTON DC, KOMPAS.TV - Senat Amerika Serikat menyetujui rencana bantuan Covid-19 senilai 1,9 triliun dollar AS dari Presiden AS Joe Biden dalam pemungutan suara Senat hari Sabtu (06/03/2021) di AS, seperti dilansir Reuters, Minggu (07/03/2021)

Rencana paket bantuan tersebut disahkan Senat dengan 50-49 suara antara kubu Demokrat dan Republik, dengan dukungan penuh dari setiap anggota senat Demokrat, tetapi tidak ada dukungan dari anggota Senat Partai Republik.

Ini adalah salah satu anggaran stimulus terbesar dalam sejarah AS dan memberikan kemenangan legislatif besar pertama bagi Biden yang menjabat sejak Januari 2021.

Biden mengatakan pada hari Sabtu dia mengharapkan pengesahan RUU yang direvisi oleh Dewan Perwakilan sehingga dia dapat menandatanganinya dan mulai mendistribusikan pembayaran langsung 1.400 dollar AS kepada orang Amerika.

"Rencana ini akan dicek mulai bulan ini kepada rakyat Amerika, yang sangat membutuhkan bantuan," kata Biden di Gedung Putih setelah pemungutan suara.

Baca Juga: Presiden AS Joe Biden Desak Senat AS Segera Sahkan Paket Bantuan 1,9 Triliun Dollar AS

Presiden Joe Biden berbicara di Ruang Makan Negara Gedung Putih, Sabtu, 6 Maret 2021, di Washington. Senat menyetujui paket bantuan pandemi besar-besaran atas oposisi kubu partai Republik pada hari Sabtu, membawa Biden lebih dekat ke kemenangan politik yang penting yang akan memberikan cek 1.400 dollar AS untuk sebagian besar orang Amerika dan mengarahkan miliaran dolar ke sekolah, pemerintah negara bagian dan lokal, dan bisnis. (Sumber: AP Photo/Alex Brandon)

Anggaran terakhir mencakup US$ 400 miliar dalam pembayaran satu kali sebesar 1.400 dollar AS kepada banyak orang Amerika, dengan pengurangan bertahap dimulai untuk mereka yang berpenghasilan di atas 75.000 dollar AS per tahun.

Anggaran ini juga termasuk bantuan 300 dollar AS per minggu untuk tunjangan pengangguran yang diperluas untuk 9,5 juta orang yang terkena PHK saat krisis.

Demokrat setuju untuk mengurangi tunjangan itu dari 400 dollar AS seminggu untuk mengakomodasi tuntutan Partai Republik. Mereka ingin RUU itu ditandatangani menjadi undang-undang sebelum tunjangan pengangguran saat ini berakhir pada 15 Maret.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x