Kompas TV klik360 cerita indonesia

Desa Sumbulan, Kampung Mati yang Mendadak Viral karena Tidak Berpenghuni

Minggu, 7 Maret 2021 | 09:01 WIB

PONOROGO, KOMPAS.TV - Kampung Sumbulan, Ponorogo, Jawa Timur mendadak viral karena menjadi satu-satunya kampung yang ditinggalkan oleh seluruh penghuninya.

Kampung Sumbulan merupakan bekas komplek pondok pesantren dan kini hanya menyisakan 1 bangunan masjid yang masih terawat.

Sementara itu, di sekelilingnya hanya terlihat sejumlah rumah yang dibiarkan tidak terawat, lapuk dan tidak berpenghuni.

Kebanyakan rumah sudah dipenuhi belukar dan rusak.

Untuk menuju Kampung Mati ini, pengunjung harus melintasi Sungai Tempuran, yang merupakan jalur akses utama.

Jika melewati jalur lain, maka harus melewati jalanan berlumpur yang membelah persawahan sepanjang 3 kilometer.

Kampung Sumbulan ini sudah ditinggalkan warganya sejak tahun 2016.

Selain masjid, ada kompleks makam kuno yang merupakan leluhur dari Kampung Sumbulan, yang masih tertata rapi.

Leluhur tersebut adalah Kyai Imam Murtadho, yang juga pendiri pondok pesantren tersebut di tahun 1960-an.

Setelah para penerusnya meninggalkan Kampung Sumbulan, cita-cita leluhur untuk menjadikan desa ini pusat pengajaran agama Islam pun perlahan mati.

Selain itu, akses jalan yang masih sulit, juga membuat Kampung Sumbulan sulit berkembang sehingga akhirnya ditinggalkan oleh para penduduknya.

Penulis : Angela Winda





BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Tokoh Agama Palembang Divaksin

Jumat, 26 Maret 2021 | 12:15 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
12:36
WNI POSITIF KORONA DI LUAR NEGERI BERJUMLAH 3.985 ORANG: 3.141 SEMBUH, 176 MENINGGAL DUNIA, 668 DALAM PERAWATAN   JUMLAH KASUS KORONA DI DUNIA: 125.431.910 POSITIF, 71.065.255 SEMBUH, 2.754.935 MENINGGAL DUNIA   MANTAN PESEPAK BOLA TIMNAS INDONESIA, BAMBANG PAMUNGKAS, DIGUGAT SOAL ASAL-USUL ANAK KE PENGADILAN AGAMA JAKSEL   AS MENILAI PELUNCURAN RUDAL BERJENIS MISIL TAKTIS OLEH KORUT MENGANCAM KAWASAN DAN DUNIA   KOREA UTARA UMUMKAN PELUNCURAN RUDAL BERJENIS MISIL TAKTIS BERTIPE BARU   WALHI NTT TOLAK RENCANA PEMERINTAH BANGUN HOTEL DI HUTAN BOWOSIE, MANGGARAI BARAT   POLISI PASANG KAWAT BERDURI DI SEPANJANG TROTOAR GEDUNG PN JAKTIM SAAT SIDANG ESKEPSI RIZIEQ   PN JAKARTA TIMUR HANYA IZINKAN 7 KUASA HUKUM DAMPINGI RIZIEQ SHIHAB DALAM SIDANG EKSEPSI   BMKG PREDIKSI 58% WILAYAH INDONESIA TERLAMBAT MASUK MUSIM KEMARAU 2021   KEJAGUNG PERIKSA 7 SAKSI PERKARA DUGAAN KORUPSI DI PT ASABRI   MENKES BUDI GUNADI SADIKIN SEBUT PROGRAM VAKSINASI BAGI MASYARAKAT UMUM AKAN DIMULAI PADA JULI 2021   MENKES BUDI GUNADI SADIKIN MINTA MASYARAKAT UMUM BERSABAR MENUNGGU GILIRAN VAKSINASI COVID-19   PRESIDEN JOKOWI: RISIKO PENYEBARAN COVID-19 MASIH ADA   BPOM SEBUT OBAT COVID-19 AVIFAVIR HANYA BAGI PASIEN KORONA DAN DIBERIKAN SESUAI RESEP DOKTER