Kompas TV regional peristiwa

Harga Cabai Menggila, Lebih Mahal Dibanding Daging Sapi

Kompas.tv - 6 Maret 2021, 22:52 WIB
harga-cabai-menggila-lebih-mahal-dibanding-daging-sapi
Ilustrasi: cabai merah. Harga Cabai Menggila, Lebih Mahal Dibanding Daging Sapi. (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Fadhilah

MOJOKERTO, KOMPAS.TV - Harga cabai rawit semakin menggila. Di Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, kenaikan harga cabai tembus lebih dari Rp 100.000 per Kilogram (Kg).

Kenaikan harga komoditas cabai itu sudah terjadi sejak awal Januari dan puncaknya diprediksi sampai menjelang masa panen raya, akhir Maret ini.

Namun jika kondisi harga cabai di pasaran tidak kunjung turun, diprediksi harga cabai akan tetap bertahan bahkan berpotensi kembali naik saat memasuki bulan Ramadan dan Idul Fitri 2021.

Baca Juga: Harga Cabai Rawit Tembus Rp 150.000 Per Kilogram

Kasi Bina Pasar dan Distribusi Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Mojokerto, Dwiyan Yuniarta (38), mengungkapkan, pihaknya telah memantau perkembangan harga komoditas cabai di pasaran dalam satu pekan ini.

Pemantauan harga di pasaran dilakukan di empat pasar tradisional sebagai sampel, yaitu Pasar Gempolkerep Kecamatan Gedeg; Pasar Kedungmaling, Kecamatan Sooko; Pasar Mojosari dan Pasar Pohjejer, Kecamatan Gondang.

"Ada 12 pasar tradisional di Kabupaten Mojokerto yang dipilih hanya empat pasar sebagai sampel untuk mewakili setiap wilayah dan memang rata-rata terjadi kenaikan harga cabai mencapai Rp 100.000/kg di tingkat pedagang," ungkapnya, Sabtu (6/3/2021), seperti dikutip dari Surya.co.id.

Berdasarkan data di lapangan, kenaikan harga terdeteksi mulai terjadi pada awal Januari 2021. Harga cabai rawit semakin merangkak naik dan tak terkendali.

"Terkini di pasar Mojokerto harga cabai rawit mencapai Rp 100.000. Ya mahal banget padahal harga normal awal Januari 2021 cabai per kilogram sekitar Rp 65.000 sampai Rp 68.000 pada Februari," jelasnya.

Menyikapi meroketnya harga cabai, pihaknya akan koordinasi dengan Dinas Pertanian dan Dinas Pangan Kabupaten Mojokerto bersama Bulog untuk menstabilkan harga cabai di pasaran.

Baca Juga: Cuaca Buruk, Harga Cabai Rawit Kian Pedas, Cek Harga Per Kilonya!


Penyebab Harga Cabai Naik

Faktor penyebab kenaikan harga cabai ditengarai minimnya ketersediaan barang di pasaran tapi banyak permintaan.

Apalagi, diperparah kondisi cuaca yang menyebabkan hasil panen petani turun.

"Kondisi kenaikan harga cabai rawit ini sudah tidak wajar melambung tinggi sekitar 40 persen dari harga normal. Semoga harga bisa segera turun menyusul panen raya pada Maret ini," ujarnya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.