Kompas TV internasional kompas dunia

Pesawat Berpenumpang Iran Dibajak, Sempat Bergerak ke Pantai Selatan Teluk Persia

Kompas.tv - 6 Maret 2021, 18:50 WIB
pesawat-berpenumpang-iran-dibajak-sempat-bergerak-ke-pantai-selatan-teluk-persia
Ilustrasi pesawat Iran Air. Salah satu pesawat milik maskapai ini dibajak oleh kelompok tak dikenal pada Kamis (4/3/2021) malam. (Sumber: AP Photo/Vahid Salemi)
Penulis : Ahmad Zuhad

ISFAHAN, KOMPAS.TV - Sebuah pesawat berpenumpang milik Iran Air mengalami pembajakan. Garda Revolusi Iran (IRGC) mengklaim pembajak berusaha mengalihkan penerbangan pesawat itu ke pantai selatan Teluk Persia.

Pesawat berjenis Fokker 100 itu mestinya terbang ke kota barat laut Mashhad dari kota Ahvaz di barat daya Iran pada Kamis (4/3/2021) pukul 19.15 waktu setempat. Pesawat itu dibajak saat terbang di atas Iran.

Garda Revolusi Iran menyatakan pembajakan itu gagal. Pesawat itu mendarat darurat di kota Isfahan.

Baca Juga: Pemimpin Syiah Irak Usai Bertemu Paus Fransiskus di Najaf: Otoritas Agama Penting Lindungi Minoritas

“Pihak berwenang menggagalkan upaya pembajakan pesawat yang sedang dalam penerbangan,” demikian isi pengumuman Garda Revolusi Iran, dilansir dari Daily Mail.

Tak ada laporan korban luka atau tewas karena kejadian itu.

“Penumpang pesawat, yang dalam keadaan sehat, terbang ke tujuan (terakhir) mereka dengan penerbangan alternatif," jelas pernyataan itu.

IRGC mengatakan masih melakukan penyelidikan. Belum jelas apa pembajak ini bersenjata atau akan menghadapi jeratan pidana.

Mengutip Al Jazeera, klaim soal tujuan pengalihan penerbangan itu oleh Garda Revolusi Iran berkaitan dengan Bahrain, Arab Saudi dan Uni Emirat Arab.

Baca Juga: Penumpang Pesawat dari Luar Negeri Dikarantina 5 Hari Cegah Sebaran Corona B117



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x