Kompas TV internasional kompas dunia

Moskow, Rusia Uji Coba Jaringan Pertama 5G di Tempat Umum

Kompas.tv - 6 Maret 2021, 15:50 WIB
moskow-rusia-uji-coba-jaringan-pertama-5g-di-tempat-umum
Penyedia layanan telekomunikasi Rusia, MTS, menyatakan mereka membuka 14 hotspot 5G di seluruh Moskow dalam uji coba jaringan 5G di ibukota Rusia itu. Jaringan 5G itu tersedia dalam pita spektrum (spectrum band) 4,9 GHz di 14 lokasi populer di Moskow. (Sumber: TASS/Mikahil Pochuyev )
Penulis : Edwin Shri Bimo

MOSKOW, KOMPAS.TV - Operator telekomunikasi terkemuka Rusia, MTS, pada Jumat (5/3) mengumumkan bahwa pihaknya telah meluncurkan jaringan 5G pertama negara itu untuk tahap uji coba di Moskow.

Jaringan itu tersedia dalam pita spektrum (spectrum band) 4,9 GHz di 14 lokasi populer di ibu kota Rusia tersebut, sebut perusahaan itu dalam pernyataannya.

Saat ini, seperti dilansir Xinhua, Sabtu (06/03/2021), hanya pengguna dengan perangkat smartphone yang kompatibel dengan 5G yang dapat terhubung ke jaringan internet 5G tanpa batas tersebut dengan kecepatan mencapai 1,5 gigabita per detik. 

Pada Juli 2020, MTS menerima lisensi 5G pertamanya, yang mencakup 83 wilayah di Rusia dan masa berlakunya berakhir pada Juli 2025.

Baca Juga: Penyedia Teknologi Desak Indonesia Segera Gelar Internet 5G

Foto yang diabadikan pada 30 Mei 2019 menunjukkan logo jaringan 5G pada sebuah layar ponsel di London, Inggris. Jaringan 5G itu tersedia dalam pita spektrum (spectrum band) 4,9 GHz di 14 lokasi populer di Moskow.(Sumber: Xinhua/Alberto Pezzali)

Peserta proyek percontohan MTS dengan smartphone yang memenuhi syarat akan dapat menikmati video Ultra HD dan cloud gaming serta layanan augmented reality dan virtual reality.

Presiden MTS Alexei Kornya seperti dikutip TASS, Jum'at (05/03/2021) mengatakan teknisi mereka akan bekerja untuk meningkatkan infrastruktur uji 5G selama periode percontohan, menurut situs berita RBC.

Pengguna belum akan dapat terhubung ke jaringan generasi kelima secara mandiri, seperti dikutip RBC.

Sebaliknya, peserta terpilih akan menerima SMS yang mengundang mereka untuk terhubung ke jaringan percontohan berdasarkan analisis data pergerakan dan penggunaan internet mereka.

Baca Juga: Korea Selatan Luncurkan Jaringan 5G

Ilustrasi 5G. Moskow mulai ujicoba jaringan 5G di Moskow. Jaringan 5G itu tersedia dalam pita spektrum (spectrum band) 4,9 GHz di 14 lokasi populer di Moskow. (Sumber: Shutterstock)

"Dengan mengaktifkan opsi 'Akses ke 5G', Anda mengonfirmasi partisipasi Anda dalam karya ilmiah, penelitian, eksperimental, dan desain pada penerapan jaringan 5G di zona percontohan Moskow," kata MTS dalam catatan kaki di situsnya.

MTS menandatangani kesepakatan pengembangan 5G dengan Huawei pada 2019 ketika perusahaan China tersebut menghadapi tekanan dari Amerika Serikat, yang memasukkannya ke dalam daftar hitam karena masalah mata-mata.

Jaringan MTS di 14 zona muncul dua tahun setelah Ericsson Swedia mengumumkan pembukaan zona 5G pertama Rusia di Jalan Tverskaya bekerja sama dengan saingan MTS, yaitu Tele2.

Rusia mengadopsi peta jalan 5G tahun lalu yang bermaksud untuk meluncurkan jaringan 5G di 10 kota pada tahun 2024.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x