Kompas TV feature tips, trik, dan tutorial

Hati-Hati! Pencuri Informasi Kartu ATM Bisa Kuras Rekening, Ini Tips Hindari Terjebak Card Skimming

Kompas.tv - 6 Maret 2021, 05:15 WIB
hati-hati-pencuri-informasi-kartu-atm-bisa-kuras-rekening-ini-tips-hindari-terjebak-card-skimming
Ilustrasi menggunakan mesin ATM. Ada risiko nasabah perbankan terjebak card skimming penguras isi rekening. (Sumber: Fabian Januarius Kuwado/ KOMPAS.COM)
Penulis : Ahmad Zuhad

SOLO, KOMPAS.TV - Kasus kehilangan uang di rekening bank terus saja terjadi. Hal ini bisa terjadi setelah penjahat mencuri informasi kartu kredit dan debit lewat mesin ATM (card skimming).

Penjahat menjalankan aksinya dengan menyalin informasi pada strip magnetik kartu kredit atau debit secara ilegal. Biasanya, pelaku menyamarkan alat yang dapat merekam informasi saat nasabah menggesek kartu debit atau rekening.

Pelaku juga dapat memasang kamera pengintip pin di dekat mesin ATM. 

Baca Juga: Detik-Detik Penangkapan Pembobol Rekening dengan Modus Ganjal Mesin ATM

Pakar teknologi dan pengamat kemanan siber punya beberapa tips untuk mencegah card skimming yang menyebabkan rekening bank nasabah terkuras.

Berikut tips menghindari card skimming, dihimpun dari berbagai sumber.

1. Pastikan Lokasi Mesin ATM Aman

Saat hendak menggunakan kartu debit atau kredit, pastikan mesin ATM ini aman. Mesin ATM yang paling aman biasanya terletak di bank.

“Kalau masih khawatir gunakan mesin ATM yang ada di kantor bank. Karena berdasarkan analisa dan riset kami itu belum ada kejadian ATM skimming yang pelakunya memasang alat skimmer di mesin ATM berlokasi di kantor bank. Karena di sana ada petugas keamanan dan lain-lain," kata pakar teknologi Ruby Zukri Alamsyah, dikutip dari Kompas.com.

Penjahat lebih mungkin memasang alat skimming di tempat sepi atau tak ada penjagaannya. 

Baca Juga: Ini Rincian Biaya Admin Bank Mandiri, BRI, BNI, dan BTN

2. Cermat dengan Kondisi Mesin ATM



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.