Kompas TV internasional kompas dunia

Paus Fransiskus Serukan Toleransi dan Persaudaraan Antara Umat Kristen dan Muslim di Irak

Sabtu, 6 Maret 2021 | 00:30 WIB
paus-fransiskus-serukan-toleransi-dan-persaudaraan-antara-umat-kristen-dan-muslim-di-irak
Paus Fransiskus berjabat tangan dengan Presiden Irak Barham Salih di Istana Kepresidenan Irak di Baghdad, Irak, Jumat (5/3). (Sumber: AP Photo / Andrew Medichini)

BAGHDAD, KOMPAS.TV – Paus Fransiskus (84) menyerukan pada rakyat Irak agar memperlakukan saudara Kristen mereka sebagai sumber daya berharga untuk dilindungi, dan bukan sebagai hambatan yang harus dihilangkan. Seruan ini diungkapkan Paus Fransiskus saat ia mengunjungi Irak pada Jumat (5/3) demi toleransi dan persaudaraan antara kaum Kristen dan Muslim.

Paus Fransiskus mengesampingkan pandemi Covid-19 dan kekhawatiran situasi keamanan demi melanjutkan aktivitas kepausan di seluruh dunia setelah setahun absen dalam lockdown di Kota Vatikan. Tujuan utama kunjungannya adalah untuk mendorong segelintir warga Kristen – yang secara kejam dipersekusi oleh kelompok teroris ISIS dan masih menghadapi diskriminasi oleh kaum mayoritas Syiah – untuk tetap tinggal dan membantu membangun kembali negara yang hancur oleh perang dan perselisihan itu.

“Hanya jika kita melihat di balik perbedaan kita dan melihat satu sama lain sebagai sesama keluarga manusia, kita bisa memulai proses efektif membangun kembali dan meninggalkan dunia yang lebih baik, lebih adil dan lebih manusiawi bagi generasi masa depan,” ujar Paus Fransiskus dalam pidato sambutannya seperti dikutip dari Associated Press.

Baca Juga: Bersejarah, Paus Fransiskus Akan Temui Ulama Syiah Irak: Saya Minta Doa Anda untuk Iringi Perjalanan

Selama berada dalam penerbangan dari Roma menuju Irak, Paus Fransiskus mengenakan masker dan selama kunjungan protokolernya, begitu pula dengan sang tuan rumah. Namun, dalam beberapa kesempatan, protokol kesehatan tampak longgar saat kedua pemimpin duduk untuk berbicara, saat berada di bandara maupun di jalanan di Baghdad.

Paus Fransiskus yang gemar berbaur dengan kerumunan dan bepergian dengan mobil terbuka, berkeliling kota Baghdad dalam sebuah mobil BMWi750 lapis baja hitam, diiringi barisan polisi bersepeda motor dengan raungan sirene. Diyakini, ini merupakan kali pertama sang Paus menggunakan mobil anti peluru.

“Ini merupakan perjalanan simbolik,” ujar Paus Fransiskus pada para wartawan di dalam pesawat kepausan. “Ini juga sebuah tugas pada sebuah tanah yang tersiksa selama bertahun-tahun.”

Penulis : Vyara Lestari





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
18:27
IKUTI WEBINAR "BERPARTNER DENGAN MEDIA" BERSAMA TIM HARIAN KOMPAS, DAFTAR DI INSTITUTE.KOMPAS.ID    DISHUB SEBUT PEMBANGUNAN FISIK JALAN LAYANG CAKUNG, JAKARTA TIMUR, SUDAH RAMPUNG   POLRI: TERDUGA TERORIS YANG DITEMBAK MATI DI MAKASSAR ADALAH EKS NAPI TERORIS   POLRI: SEORANG TERDUGA TERORIS DI MAKASSAR DITEMBAK MATI KARENA ACUNGKAN PEDANG   DISHUB TARGETKAN PEMBANGUNAN TUGU DAN JALUR SEPEDA PERMANEN DI JALAN SUDIRMAN-THAMRIN RAMPUNG PADA MEI 2021    BAWASLU AKAN MELAKUKAN PERSIAPAN PEMUNGUTAN SUARA ULANG PEMILIHAN BUPATI DAN WAKIL BUPATI SABU RAIJUA   KEPALA BPOM PENNY K LUKITO: VAKSIN MERAH PUTIH YANG DIKEMBANGKAN UNAIR DITARGETKAN MULAI DIPRODUKSI AWAL 2022   DISNAKERTRANS JAWA BARAT SIAP MENGAWASI PERUSAHAAN DALAM PEMBAGIAN THR   WAKIL KETUA KOMISI IX DPR CHARLES HONORIS MINTA PEMERINTAH SIKAPI SERIUS LONJAKAN KASUS COVID-19 DI SEJUMLAH NEGARA   MENDIKBUD NADIEM MAKARIM SEBUT PANCASILA DAN BAHASA INDONESIA TETAP JADI ASPEK WAJIB DALAM KURIKULUM PENDIDIKAN   MENKO KEMARITIMAN LUHUT BINSAR PANDJAITAN MEMINTA SETIAP PRAJURIT KOPASSUS SELALU SETIA KEPADA NKRI   HUT KE-69 KOPASSUS, WAPRES MA’RUF AMIN : TINGKATKAN PROFESIONALITAS DAN INTEGRITAS   KEMENDAGRI PANGGIL PETUGAS DAMKAR YANG MEMBONGKAR KASUS DUGAAN KORUPSI DI DAMKAR KOTA DEPOK   SERIKAT PEKERJA DI BEKASI AKAN BUKA POSKO ADUAN UNTUK AWASI PEMBAYARAN THR