Kompas TV internasional kompas dunia

Terjadi Gempa Magnitudo 8.1 di Laut Lepas Selandia Baru, Ribuan Warga Mengungsi

Kompas.tv - 5 Maret 2021, 23:07 WIB
Penulis : Christandi Dimas

KOMPAS.TV - Gempa bumi bermagnitudo 8.1 melanda wilayah laut lepas Selandia Baru pada 5 Maret 2021 waktu setempat. Gempa juga memicu peringatan tsunami di seluruh pasifik selatan.

Sebelumnya rangkaian gempa juga melanda wilayah itu dalam beberapa jam terakhir, termasuk dua gempa yang bermagnitudo 7.4 dan 7.3.

Gempa disebut memicu sistem peringatan di Selandia Baru dan mengakibatkan kemacetan lalu lintas karena ribuan warga mengungsi.

Otoritas pertahanan sipil mengatakan warga di wilayah pantai timur North Island harus dievakuasi ke tempat tinggi dan tidak berada di rumah.

Gempa terjadi di sekitar 1.000 kilometer lepas pantai Selandia Baru.

Sistem peringatan tsunami Amerika Serikat juga memperingatkan gempa dapat menyebabkan gelombang tsunami setinggi 3 meter di Vanuatu dan hingga 1 meter di Australia, Fiji, dan bahkan mencapai Meksiko dan Peru.

Jangan lewatkan streaming Kompas TV live 24 jam non stop di https://www.kompas.tv/live agar kamu semua tidak ketinggalan berita-berita terkini, terlengkap, serta laporan langsung dari berbagai daerah di Indonesia. Subscribe juga channel YouTube Kompas TV dan aktifkan lonceng supaya kamu dapat notifikasi video terbaru langsung.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.