Kompas TV internasional kompas dunia

Terjadi Gempa Magnitudo 8.1 di Laut Lepas Selandia Baru, Ribuan Warga Mengungsi

Jumat, 5 Maret 2021 | 23:07 WIB

KOMPAS.TV - Gempa bumi bermagnitudo 8.1 melanda wilayah laut lepas Selandia Baru pada 5 Maret 2021 waktu setempat. Gempa juga memicu peringatan tsunami di seluruh pasifik selatan.

Sebelumnya rangkaian gempa juga melanda wilayah itu dalam beberapa jam terakhir, termasuk dua gempa yang bermagnitudo 7.4 dan 7.3.

Gempa disebut memicu sistem peringatan di Selandia Baru dan mengakibatkan kemacetan lalu lintas karena ribuan warga mengungsi.

Otoritas pertahanan sipil mengatakan warga di wilayah pantai timur North Island harus dievakuasi ke tempat tinggi dan tidak berada di rumah.

Gempa terjadi di sekitar 1.000 kilometer lepas pantai Selandia Baru.

Sistem peringatan tsunami Amerika Serikat juga memperingatkan gempa dapat menyebabkan gelombang tsunami setinggi 3 meter di Vanuatu dan hingga 1 meter di Australia, Fiji, dan bahkan mencapai Meksiko dan Peru.

Jangan lewatkan streaming Kompas TV live 24 jam non stop di https://www.kompas.tv/live agar kamu semua tidak ketinggalan berita-berita terkini, terlengkap, serta laporan langsung dari berbagai daerah di Indonesia. Subscribe juga channel YouTube Kompas TV dan aktifkan lonceng supaya kamu dapat notifikasi video terbaru langsung.

Penulis : Christandi Dimas





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
16:10
DIDUGA TERAFILIASI MILITER, 7 PERUSAHAAN TEKNOLOGI TIONGKOK KEMBALI MASUK DAFTAR HITAM PEMERINTAH AS   KEJATI PANGGIL EKS KETUA MK JIMLY ASSHIDDIQIE SEBAGAI SAKSI ATAS KASUS DUGAAN KORUPSI PROYEK MASJID SRIWIJAYA   CEGAH TERORISME, BNPT LIBATKAN PEMUKA AGAMA DALAM MEMBERIKAN EDUKASI KE KALANGAN MILENIAL   ANTISIPASI AKSI TEROR SAAT BULAN RAMADAN, POLISI AKAN MELAKUKAN PATROLI BERKALA DI LOKASI RAWAN   PP MUHAMMADIYAH TETAPKAN 1 RAMADAN 1442 H JATUH PADA SELASA, 13 APRIL 2021   KEMNAKER SEBUT ATURAN PEMBAYARAN THR AKAN TERBIT PEKAN DEPAN   TOTAL WNI POSITIF COVID-19 DI LUAR NEGERI ADALAH 4.193: 3.284 SEMBUH, 179 MENINGGAL DUNIA, DAN 730 DALAM PERAWATAN   WHO: 87 PERSEN DISTRIBUSI VAKSIN COVID-19 DIKUASAI NEGARA-NEGARA KAYA   CEGAH KERUMUNAN DI TENGAH PANDEMI, PEMKOT TANGSEL LARANG WARGA GELAR PAWAI OBOR MENYAMBUT RAMADAN   DISHUB BELUM BERENCANA MENUTUP TERMINAL BEKASI TERKAIT LARANGAN MUDIK LEBARAN PADA 6-17 MEI 2021   PHRI SEBUT PEMPROV DKI AKAN UPAYAKAN VAKSINASI COVID-19 UNTUK PEGAWAI RESTORAN DAN HOTEL   WAPRES MA'RUF AMIN MINTA WARGA DI WILAYAH ZONA MERAH TETAP BERIBADAH DI RUMAH SELAMA BULAN RAMADAN   BMKG IMBAU WARGA WASPADA POTENSI GEMPA SUSULAN PASCAGEMPA BERMAGNITUDO 6,7 DI MALANG   BMKG SEBUT GEMPA BERMAGNITUDO 6,7 DI MALANG TERASA HINGGA KOTA YOGYAKARTA DAN KABUPATEN BANTUL