Kompas TV internasional kompas dunia

World Vaccine Update: Dahlan Iskan Cerita D-Dimer Tinggi Pasca-Covid-19

Kompas.tv - 5 Maret 2021, 21:25 WIB
Penulis : Laura Elvina

NEW YORK, KOMPAS.TV - Program vaksinasi Covid-19 tengah dilakukan oleh sejumlah negara termasuk Indonesia. WNI di luar negeri pun sudah mulai mendapatkan vaksin Covid-19.

Banyak kisah terkait dengan vaksinasi WNI di luar negeri. Selain itu, sejumlah WNI berbagi pengalamannya yang pernah terpapar Covid-19.

Salah satunya adalah mantan Menteri BUMN Dahlan Iskan yang sudah sembuh dari Covid-19. Iya mengaku tidak merasakan gejala apapun saat positif Covid-19. Hanya saja, saat ini ia mengaku D Dimer nya cukup tinggi.

Saat terkena Covid-19 pada Januari 2021 lalu, unsur D-dimer di darahnya 2.600. Padahal angka normalnya menurut Dahlan maksimum 500.

Dikutip dari Labtestsonline,  D-dimer adalah salah satu fragmen protein yang diproduksi ketika gumpalan darah larut di dalam tubuh.

Pembekuan darah adalah proses penting yang mencegah seseorang kehilangan terlalu banyak darah saat cedera. Biasanya, tubuh akan melarutkan gumpalan setelah cedera sembuh. Dengan gangguan pembekuan darah, gumpalan bisa terbentuk saat tidak mengalami cedera yang jelas atau tidak larut saat seharusnya.

Kondisi ini bisa sangat serius dan bahkan mengancam jiwa. Tes D-dimer dapat menunjukkan jika seseorang memiliki salah satu dari kondisi ini.

Cerita mengenai pengalaman sejumlah WNI di seluruh dunia juga bisa disaksikan di channel VMC New York Channel

Baca Juga: WNI di Berbagai Negara Cerita Pengalaman Vaksin Covid-19 dan Efek Sampingnya



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.