Kompas TV nasional budaya

Investor Asing Boleh Berburu Harta Karun, Kemendikbud: Izin ke Mendikbud Nadiem Makarim Dulu

Jumat, 5 Maret 2021 | 16:27 WIB
investor-asing-boleh-berburu-harta-karun-kemendikbud-izin-ke-mendikbud-nadiem-makarim-dulu
Perburuan harta karun bawah laut atau Benda Muatan Kapal Tenggelam (BMKT) harus mendapat izin dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim. (Sumber: Kemendikbud)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemerintah membolehkan investor asing berburu harta karun bawah laut atau Benda Muatan Kapal Tenggelam (BMKT). Namun, pemanfaatan dan perburuan harta karun ini harus mendapat izin dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim.

Hal ini sejalan dengan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 10 Tahun 2021. Perpres itu mengatur pula izin berburu harta karun bawah laut bagi investor asing.

Beleid ini adalah aturan turunan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja (UU Omnibus Law Cipta Kerja.

Baca Juga: Hasil KLB Demokrat Tandingan: Moeldoko Ketum AHY Demisioner

“Kalau dia (investor) mengangkat itu (harta karun), intinya kepada menteri pendidikan dan kebudayaan yang menangani kebudayaan izin dulu. Nanti ada arahan-arahannya," ujar Pelaksana tugas Direktur Perlindungan Kebudayaan Kemendikbud Fitra Arda, Jumat (5/3/2021), dikutip dari CNN Indonesia.

Fitra menyebut, prosedur perizinan itu juga sudah tertuang dalam Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2010 tentang Cagar Budaya. Ia menjelaskan, Kemendikbud akan menelusuri pula lokasi dan asal harta karun itu saat menerima pengajuan izin pengangkatan BMKT.

Harta karun itu pun tak bisa sembarangan dibawa.

Penulis : Ahmad Zuhad





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
18:11
DPRD JEMBER BERI PENILAIAN RAPOR MERAH TERHADAP LAPORAN KETERANGAN PERTANGGUNGJAWABAN AKHIR TAHUN ANGGARAN 2020   KEMENTERIAN KELAUTAN DAN PERIKANAN SERGAP DAN TANGKAP 1 KAPAL IKAN ILEGAL BERBENDERA MALAYSIA DI SELAT MALAKA   TIMNAS ESPORTS BASKET INDONESIA HADAPI FILIPINA PADA BABAK FINAL TURNAMEN FIBA ESPORTS OPEN III 2021   BARESKRIM POLRI GANDENG INTERPOL BURU JOZEPH PAUL ZHANG YANG MENGAKU SEBAGAI NABI KE-26   BARESKRIM POLRI MENDALAMI VIDEO PRIA YANG MENGAKU SEBAGAI NABI KE-26 BERNAMA JOZEPH PAUL ZHANG   PANGDAM XVII/CENDERAWASIH: TUDUHAN GURU DAN SISWA YANG DITEMBAK ADALAH MATA-MATA HANYA UNTUK TUTUPI KEJAHATAN KKB   TNI-POLRI BANTAH TUDINGAN KKB YANG SEBUT GURU DAN SISWA YANG DITEMBAK ADALAH MATA-MATA APARAT   WAKIL BUPATI LUMAJANG BENARKAN CAMAT PRONOJIWO DICOPOT KARENA DIANGGAP TAK SIGAP TANGANI DAMPAK KORBAN GEMPA   DINILAI KURANG PAHAM CARA MENANGANI BENCANA, CAMAT PRONOJIWO, LUMAJANG, JAWA TIMUR, DICOPOT DARI JABATANNYA   PRESIDEN INGATKAN PENANGANAN SEKTOR EKONOMI ATAUPUN KESEHATAN YANG TERDAMPAK PANDEMI BERJALAN SECARA BERIRINGAN   MENDAGRI TITO KARNAVIAN: PENAMBAHAN KASUS POSITIF COVID-19 HARUS JADI PERHATIAN PEMDA SETIAP HARI   MENDAGRI TITO KARNAVIAN MINTA KEPALA DAERAH JADI "ROLE MODEL" PENEGAKAN PROTOKOL KESEHATAN COVID-19   BANYAK PHK AKIBAT PANDEMI, PRESIDEN JOKOWI MINTA KEPALA DAERAH MEMPERBANYAK PROGRAM PADAT KARYA   BMKG DORONG PEMDA TINGKATKAN MITIGASI DAN KEWASPADAAN WARGA TERHADAP BENCANA