Kompas TV klik360 cerita indonesia

Latar Belakang Digelarnya KLB Demokrat, Max: SBY Ingkar Janji

Jumat, 5 Maret 2021 | 16:05 WIB

DELI SERDANG, KOMPAS.TV - Mantan Anggota Majelis Tinggi Partai Demokrat, Max Sopacua, menyebutkan latar belakang digelarnya Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Demokrat di Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, Jumat (5/3/2021).

Hal tersebut disampaikan Max Sopacua, saat konferensi pers jelang dibukanya KLB Partai Demokrat, Jumat (5/3/2021).

Menurut Max, salah satunya berawal dari KLB Partai Demokrat di tahun 2013, dimana saat itu SBY menjabat Ketua Umum, menggantikan Anas Urbaningrum yang terjerat kasus korupsi.

"Yang mengakibatkan terjadinya KLB ini adalah kesumbatan yang terjadi bertahun-tahun. Kita memulai dengan kongres 2013 di Bali, kongres luar biasa. Saya adalah ketua organizing commitee. ketuanya saya pada waktu itu, peristiwanya menggusur Anas Urbaningrum dan SBY menjadi ketua pada waktu itu," ujar Max.

Max juga mengatakan ada pengingkaran janji dari Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

"Beliau punya janji bagi kita semua dengan pidato karena pada waktu itu beliau ingin melanjutkan pekerjaan Ketua Umum Anas yang tersendat dengan hasil KLB di Bali pada tahun 2013 selama 2 tahun, artinya 2 tahun saja," ungkap Max.

"2015 kongres di Surabaya, beliau juga terpilih. Jadi kami merasa apa dijanjikan 2013 tidak terlaksana sama sekali," lanjut Max.

Video Editor: Faqih Fisabilillah

 

Penulis : Aryo bimo





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
13:32
PT PERTAMINA PASTIKAN DISTRIBUSI BBM DAN ELPIJI DI JAWA TIMUR AMAN PASCAGEMPA DI MALANG   MENHUB BUDI KARYA SUMADI: KERETA CEPAT JAKARTA-BANDUNG MERUPAKAN LOMPATAN TEKNOLOGI YANG BAIK BAGI INDONESIA   ANGKUT BANSOS, KRI SEMARANG-594 SINGGAH DI SURABAYA SEBELUM MENUJU KE FLORES TIMUR UNTUK SALURKAN BANTUAN   BANDARA PEKON SERAI DI PESISIR BARAT-LAMPUNG RESMI BERGANTI NAMA MENJADI BANDAR UDARA MUHAMMAD TAUFIQ KIEMAS   PINTU MASUK TOL LAYANG JAKARTA-CIKAMPEK AKAN DITUTUP SEMENTARA MULAI PUKUL 05.00-10.00 WIB   NAMA TOL LAYANG TOL LAYANG JAKARTA-CIKAMPEK AKAN DIUBAH MENJADI JALAN LAYANG MOHAMMED BIN ZAYED   BESOK, PRESIDEN JOKOWI DIJADWALKAN AKAN MERESMIKAN NAMA BARU TOL LAYANG JAKARTA-CIKAMPEK   TOTAL WNI POSITIF COVID-19 DI LUAR NEGERI ADALAH 4.193: 3.284 SEMBUH, 179 MENINGGAL DUNIA, DAN 730 DALAM PERAWATAN   DINKES: PASIEN COVID-19 YANG MASIH DIRAWAT ATAU MENJALANI ISOLASI MANDIRI DI TANGSEL MENCAPAI 236 ORANG    PEMERINTAH TENGAH MENGKAJI PERTANDINGAN SEPAK BOLA DENGAN PENONTON DI TENGAH PANDEMI COVID-19   MENKO PMK MUHADJIR EFFENDY MEMINTA PEMDA TURUT MENARUH PERHATIAN KHUSUS TERHADAP SEPAK BOLA   MUI MINTA SEMUA PIHAK BERIKAN PERHATIAN SERIUS DALAM MENCEGAH AKSI TERORISME DI KALANGAN ANAK MUDA   KEPALA BNPT BOY RAFLI AMAR AJAK TOKOH LINTAS AGAMA BUAT PROGRAM MENANGKAL PAHAM RADIKAL TERORISME    MENKUMHAM SEBUT PEMERINTAH AKAN BANGUN TIGA LAPAS KHUSUS NAPI TERORISME DI NUSAKAMBANGAN, JATENG