Kompas TV nasional berkas kompas

Stop Kekerasan Pada Pembela Lingkungan - Siapa Lindungi Pembela Lingkungan? BERKAS KOMPAS (2)

Jumat, 5 Maret 2021 | 13:10 WIB

KOMPASTV - Berkas Kompas bekerjasama dengan Harian Kompas, Kompas.com, dan Kontan mempersembahkan suatu karya jurnalistis bertajuk “Suara Tak Terdengar” terkait Pembela Lingkungan.

Baca Juga: Buang Limbah Medis Covid-19 Dijerat Pidana - BERKAS KOMPAS (1)

Dalam liputan ini, Berkas Kompas mengangkat kisah-kisah warga lokal yang membela lingkungannya, namun mengalami kekerasan hingga kriminalisasi. Kami mengangkat kisah James Watt, warga kecamatan Seruyan, Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, sekaligus paralegal WALHI. Ia divonis 10 bulan penjara atas tuduhan mencuri sawit dan memprovokasi warga di tengah perjuangannya menuntut hak lahan warga dari sebuah perusahaan sawit. Kami juga menceritakan perjuangan Tukijo, petani di dusun Gupit, kecamatan Galur, Kulonprogo. Selama bertahun-tahun melawan rencana penambangan pasir di wilayahnya, Ia justru dua kali harus berurusan dengan hukum hingga dipenjara.

Baca Juga: Tak Terdata, Tunawisma Kian Merana - Terlunta Saat Pandemi Korona – BERKAS KOMPAS (2)

Lembaga studi dan advokasi masyarakat (ELSAM) mencatat sebanyak 117 orang pembela HAM atas lingkungan mengalami kekerasan pada tahun 2019. Sebanyak 63 orang di antaranya ditangkap dan dua orang lainnya ditahan. Sedangkan, WALHI mencatat 146 kasus kriminalisasi pejuang lingkungan terjadi sepanjang 2014 hingga 2019 di pulau Jawa. 52 persen di antaranya terjadi pada sektor pertambangan.

 

Lantas bagaimana langkah negara melindungi pembela lingkungan dari bayang-bayang intimidasi, kekerasan, hingga kriminalisasi?

Simak jawabannya dalam Berkas Kompas eps Siapa Lindungi Pembela Lingkungan berikut ini.

Penulis : Anas Surya





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
00:01
PEMERINTAH KOREA SELATAN TARGETKAN 70 PERSEN POPULASI SUDAH DIVAKSINASI SEPTEMBER MENDATANG   TIM GRESINI RACING RESMI GANDENG DUCATI DI MOTOGP MUSIM DEPAN DENGAN DURASI KONTRAK DUA TAHUN   TIM MERCEDES AMG F1 BERHARAP TAMPIL DOMINAN DI SIRKUIT PAUL RICARD AKHIR PEKAN INI   UKRAINA BUNGKAM MACEDONIA UTARA DENGAN SKOR 2-1 DI LAGA LANJUTAN GRUP C PIALA EROPA 2020   PERTANDINGAN DENMARK KONTRA BELGIA AKAN DILAKUKAN PENGHORMATAN UNTUK CHRISTIAN ERIKSEN PADA MENIT KE-10   PERSATUAN SEPAK BOLA DENMARK UMUMKAN GELANDANGNYA, CHRISTIAN ERIKSEN, AKAN DIPASANG ALAT PACU JANTUNG   PETENIS RAFAEL NADAL MUNDUR DARI WIMBLEDON DAN OLIMPIADE TOKYO KARENA ALASAN KESEHATAN   WALI KOTA TANGSEL BENYAMIN DAVNIE SEBUT WILAYAHNYA DALAM KONDISI DARURAT KARENA RS RUJUKAN KORONA TERISI 74 PERSEN   WALI KOTA TANGSEL BENYAMIN DAVNIE: BELAJAR TATAP MUKA KEMUNGKINAN BESAR DITUNDA KARENA LONJAKAN KASUS COVID-19   PEMKOT TANGERANG AKAN GUNAKAN RUMAH PERLINDUNGAN SOSIAL MILIK DINSOS JADI RUMAH ISOLASI TERKONSENTRASI (RIT)   PEMPROV JATENG TAMBAH RSJD DR AMINO GONDOHUTOMO, SEMARANG, DAN RSUD KELET, JEPARA, SEBAGAI RS RUJUKAN COVID-19   KASUS POSITIF KORONA NAIK, OMBUDSMAN JAKARTA RAYA IMBAU PEMPROV DKI TARIK REM DARURAT PENANGANAN COVID-19   WAKIL KETUA KOMISI IX DPR CHARLES HONORIS DORONG PEMERINTAH TERAPKAN LAGI PSBB GUNA TEKAN PENYEBARAN COVID-19   PANGLIMA TNI: PEMERINTAH SEDANG SIAPKAN PROGRAM 1 JUTA VAKSINASI PER HARI YANG AKAN DISEBAR DI 100 TITIK DI INDONESIA