Kompas TV regional kriminal

Himpun Dana Rp 20 M, Anggota Ribuan Orang, Investasi di Aceh Ini Bodong, Polisi: Berkedok Butik

Kompas.tv - 5 Maret 2021, 09:32 WIB
himpun-dana-rp-20-m-anggota-ribuan-orang-investasi-di-aceh-ini-bodong-polisi-berkedok-butik
Deretan mobil mewah sebagai barang yang diamankan dari Yalsa Butik dengan nilai ditaksir mencapai Rp 2 milliar lebih. (Sumber: KOMPAS.COM/TEUKU UMAR)
Penulis : Gading Persada

BANDA ACEH, KOMPAS.TV- Kasus investasi abal-abal kembali terjadi dan menyebabkan banyak orang tertipu. Kali ini ditemukan di Banda Aceh yang dilakukan CV Yalsa Butik, sebuah investasi yang ternyata bodong.

Tak tanggung-tanggung, berkedok usaha busana muslimah, CV Yalsa Butik ini berhasil menghimpun dana mencapai Rp 20 miliar dengan jumlah anggotanya mencapai 3.775 orang.

Penyidik Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Aceh saat ini telah memeriksa 34 orang saksi, yaitu owner atau pemilik, admin dan reseller.

Baca Juga: Praktik Investasi Bodong Yalsa Boutique: Punya 225 Reseller dan 3.755 Member

"Saksi yang telah diperiksa sudah bertambah sebanyak 34 orang," kata Kabid Humas Polda Aceh Kombes Pol Winardy, Kamis (4/3/2021).

Winardy menjelaskan, pihaknya saat ini masih mendalami kasus tersebut dan berkoordonasi dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terkait dugaan investasi bodong yang telah mengumpulkan dana dari 3.755 anggota dengan nilai investasi lebih dari Rp 20 miliar.

"Kami sedang berkoordonasi dengan tim ahli dari OJK untuk dimintai keterangan terkait perizinan Yalsa Butik," kata Kabid Humas seperti dikutip dari Kompas.com, Jumat (5/3/2021).

Baca Juga: Investasi Bodong, Pasutri Tipu Pengusaha Hingga Rp 39 Miliar

Namun, Winardy menambahkan pemilik Yalsa Butik saat ini belum ditahan lantaran dinilai bersikap kooperatif saat diperiksa penyidik.

Namun lima unit mobil mewah milik owner dan karyawan yang dibeli dengan menggunakan uang investasi dari anggota atau member Yalsa Butik sudah disita.

"Barang bukti yang disita masih lima mobil mewah dan satu unit rumah owner yang dibeli dengan uang member," jelasnya.

Baca Juga: Polisi Ungkap Ribuan Orang Diduga Jadi Korban Investasi Bodong Kampung Kurma Group

Sebelumnya, Direktorat Reskrimsus Polda Aceh menyelidiki kasus dugaan investasi bodong dengan kedok bisnis butik yang dijalankan Yalsa Butik.

Dalam penyelidikan itu, polisi memeriksa pemilik dan karyawan Yalsa Butik. Selain itu, aparat juga mengamankan lima mobil mewah milik pemilik dan pegawai Yalsa Butik.

Lima mobil mewah itu dibeli dari uang hasil pengumpulan dari masyarakat. Dalam perjalanan bisnisnya, Butik Yalsa sudah menghimpun uang dari sekitar 3.755 anggotanya dengan total sekitar Rp 20 miliar.

Baca Juga: Penipuan Investasi Bodong, Pelaku Mengaku Karyawan Bank BUMN

Lebih lanjut Kabid Humas berharap kepada masyarakat yang menjadi korban investasi bodong berkedok busana muslimah itu diharapkan untuk segera melapor ke polisi.

"Dit Reskrimsus ada buka posko pengaduan untuk korban investasi Yalsa Butik, baik yang di Aceh ataupun di luar Aceh untuk segera melapor," pesan Kabid Humas



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x