Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Ekonom: Ajakan Benci Produk Asing Bisa Picu Aksi Retaliasi

Kamis, 4 Maret 2021 | 22:12 WIB
ekonom-ajakan-benci-produk-asing-bisa-picu-aksi-retaliasi
Presiden Jokowi saat peresmian pembukaan Rapat Kerja Nasional Kementerian Perdagangan Tahun 2021, di Kompleks Istana Kepresidenan, Kamis (4/3/2021) (Sumber: Tangkapan Layar Youtube Setpres)

JAKARTA, KOMPAS.TV- Pidato Presiden Jokowi di acara Rapat Nasional Kementerian Perdagangan (04/03/2021) menuai kontroversi. Banyak yang tidak setuju dengan pernyataan Presiden, yang menyeru cinta produk dalam negeri dan benci produk asing.

Ekonom INDEF Ahmad Heri Firdaus menilai, seharusnya Presiden Jokowi cukup menekankan cinta produk dalam negeri dan bangga memakai produk dalam negeri. Presiden tidak perlu mengajak rakyat untuk membenci produk asing.

Baca Juga: Cerita Mendag di Balik Pidato 'Benci Produk Asing' Presiden Jokowi

Sebab, saat ini adalah era dimana setiap negara membuka diri untuk kerja sama perdagangan yang saling menguntungkan.

Menurut Ahmad Heri, jika Presiden mengajak masyarakat untuk membenci produk asing, bisa dianggap menghambat kerja sama perdagangan dengan negara lain. Sehingga bisa menimbulkan retaliasi atau tindakan balasan dari negara tersebut.

Yaitu menyeru warga mereka untuk tidak menggunakan produk Indonesia.

Baca Juga: Ajakan Presiden Jokowi: Cinta Produk Dalam Negeri, Benci Produk Asing

Penulis : Dina Karina





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
09:36
MENURUT RENCANA, RUTE KERETA CEPAT JAKARTA-BANDUNG AKAN DILANJUTKAN HINGGA KE BANDARA KERTAJATI   WAGUB NTT JOSEF NAE SOI MINTA PEMDA KABUPATEN DAN KOTA DI NTT SIAPKAN LAHAN RELOKASI WARGA TERDAMPAK BENCANA   PROYEK KERETA CEPAT JAKARTA-BANDUNG DITARGETKAN RAMPUNG PADA 2022   PERGANTIAN NAMA TOL LAYANG JAKARTA-CIKAMPEK MENJADI MBZ SEBAGAI PENGHORMATAN BAGI UNI EMIRAT ARAB   TOL LAYANG JAKARTA-CIKAMPEK II BERGANTI NAMA MENJADI SHEIKH MOHAMED BIN ZAYED (MBZ)   PEMPROV DAN DPRD DKI JAKARTA KEBUT PEMBAHASAN REVISI PERDA NOMOR 11 TAHUN 2014 TENTANG TATA RUANG   MENAKER IDA FAUZIYAH SEBUT PEMBAYARAN THR PALING LAMBAT 7 HARI SEBELUM HARI RAYA KEAGAMAAN   KONFEDERASI SERIKAT PEKERJA INDONESIA (KSPI) MINTA PEMERINTAH TEGAKKAN ATURAN PEMBERIAN THR   DISNAKERTRANS DKI JAKARTA: PEMBAYARAN THR TIDAK BOLEH DICICIL   KEMENKES PASTIKAN STOK VAKSIN COVID-19 AMAN UNTUK VAKSINASI DOSIS KEDUA BULAN APRIL 2021   PBNU IMBAU UMAT ISLAM PATUHI PROTOKOL KESEHATAN JIKA BERIBADAH DI MASJID   KEMENTERIAN PUPR: 9 JUTA TENAGA KONSTRUKSI BELUM TERSERTIFIKASI, BARU 628.000 YANG BERSERTIFIKAT   KADIN DKI IMBAU PERUSAHAAN DIALOG DI FORUM BIPARTIT JIKA KESULITAN BAYAR THR   KEMENAKER TELAH BENTUK SATGAS PELAYANAN KONSULTASI & PENEGAKAN HUKUM UNTUK AWASI PELAKSANAAN PEMBERIAN THR 2021